3 Ciri Kelelahan Fisik Saat Mudik Lebaran

Senin, 13/07/2015 14:47 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) – Ditemui saat pelepasan mudik bersama komunitas Daihatsu di VLC Sunter (13/7), Marcel Kurniawan dari RDD (The Real Driving Center) berkesempatan memberikan paparan perihal Safety Driving kepada komunitas yang hadir.

“Menyetir mobil adalah “Full Time Job” semua focus ya ke jalan dank e mobil yang dikendarai. Tidak boleh ada pekerjaan lain yang dapat terbagi saat nyetir mobil, karena konsentrasi adalah hal utama yang harus diperhatikan. Sedangkan saat mudik, selain safety driving juga perlu di antisipasi kelelahan yang berkelanjutan, karena berpotensi celaka,” ujar Marcel kepada mobilinanews.

Menyangkut ketahanan tubuh pengendara, tiap orang memiliki batasan maksimal 4 jam berkendara. Jika melebihi batasan tersebut akan hadir gejala-gejala kelelahan akut yang patut di waspadai.

  1. Ciri pertama adalah pengemudi tidak fokus dan timbul halusinansi khayalan tentang kondisi lain. Dalam keadaan ini efek selanjutnya adalah menguap berkelanjutan secara terus menerus.
  2. Disleksia jarak atau gangguan orientasi jarak akan semakin jelas terasa. Pengemudi sulit memastikan jarak dengan mobil lain yang berakibat pada pengereman mendadak, dan berpindah lajur secara tiba-tiba.
  3. Ciri terakhir yang paling ekstrim adalah mata sulit sekali untuk dibuka dan selalu ingin terpejam. Jangan paksakan berkendara jika gejala terakhir mulai timbul karena memejamkan mata sepersekian detik akan berakibat fatal.

Jika saja beberapa gejala tersebut telah dirasakan, segeralah untuk menepi ke rest area ataupun tempat aman lainnya untuk beristirahat dan sejenak memejamkan mata. Tidur dengan pulas walaupun hanya 15 menit akan kembali membuat badan lebih fit dan konsentrasi kembali pulih.

TERKINI
Awas! Menyemprot Bagian Dalam Mesin Dengan Angin Kompresor Ternyata Dapat Berbahaya Untuk Motor MotoGP 2024: Demi Kursi di Tim Pabrikan Ducati, Marc Marquez Rela Korbankan 5 Sponsor Setianya Perkuat Layanan, Chery Buka Diler Baru di Jalan Veteran Makassar Sulawesi Selatan Dukung Kemajuan SDM Siswa, Auto2000 Edukasi Pelajar SMK Tentang Mobil Listrik