Tidak Banyak yang Tahu, Mobil-Mobil Keren Ini Ternyata Pakai Mesin Yamaha

Sabtu, 09/03/2019 17:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Yamaha memang lebih dikenal sebagai brand otomotif yang hanya fokus pada produk kendaraan roda dua. Nyatanya tidak, Yamaha punya banyak produk di luar otomotif, di antaranya adalah alat musik dan robot.

Yamaha juga sempat merancang produk mobil, namun mungkin tidak terlalu dikenal publik. Tapi fakta yang ada justru Yamaha sukses membuat mesin-mesin tangguh berbobot ringan dan bertenaga besar yang menjadi dapur pacu beberapa mobil populer.

Mesin Yamaha untuk mobil dimulai dari kerjasama dengan Toyota. Pada tahun 1967, Toyota 2000GT yang melegenda diluncurkan dengan menggendong mesin 4A-GE kreasi Yamaha. Mesin yang sama juga diadopsi Sprinter Trueno AE86.

Yamaha juga dipercaya membuatkan mesin untuk Celica GT-Four, dengan kode yang kita kenal dengan 3S-GTE. Kolaborasi ini berlanjut pada saat mesin 2ZZ-GE yang dipakai Toyota Celica GT-S dan Lotus Elise. Kolaborasi antara Yamaha dan Toyota berlanjut ketika Lexus LF-A diperkenalkan, mesin V10 1LR-GUE hasil pengembangan Yamaha mendapatkan banyak penghargaan.

Sukses dengan Lexus LF-A, Yamaha kembali berkontribusi atas jantung penggerak yang terdapat pada Lexus IS-F, RC-F, serta GS-F bermesin V8 2UR-GSE.

Menariknya, kesuksesan Yamaha mengembangkan mesin-mesin hebat untuk mobil, membuat pabrikan asal Amerika Serikat, Ford, tertarik untuk menggunakan mesin V6 3.000cc racikan Yamaha ke dalam ruang mesin Ford Taurus SHO pada tahun 1989. Selain itu, Yamaha juga mendesain mesin V8 4.400cc untuk Volvo XC90 dan S80.

Yamaha juga menciptakan mobil konsep bernama Yamaha OX99-11 yang digerakkan mesin Yamaha V12 pada 1992. Mesin tersebut menjadi dasar untuk memasuki balap Formula 1 sebagai pemasok mesin kepada tim Zakspeed, Brabham, Jordan, Tyrell, serta Arrows di era 90-an. Kesimpulannya jika memang Yamaha berniat membuat mobil, itu hanya hal kecil. (adr)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan