Kanaka Gusasi, Masuk Bursa Kandidat Kuat Juara Kelas Mini 2019

Rabu, 20/03/2019 00:10 WIB

mobilinanews (Sentul) - Kalau ditanya, kelas apa yang paling menarik dan seru persaingannya pada Kejurnas Eshark Indonesia Karting Championship tahun ini? Sudah pasti, kelas Mini jawabnya.

Di kelas ini, sekurangnya ada 6 pegokart dengan kemampuan merata, dan memiliki peluang menjadi juara. 

Dan, salah satu kandidat kuat juaranya adalah Kanaka Azarel Benedict Gusasi (menjelang 11 tahun) dari tim Shadaff Motorsport.

Fakta di sirkuit gokart Sentul, Kanaka berhasil menjadi juara 1 kelas Mini pada seri 1 Kejurnas Gokart Eshark pada 27 Januari 2019.

Pada seri kedua 24 Februari 2019, dengan balapan sempat dari urutan belakang menyusul "insiden senggolan" dengan Kimi Rae namun berhasil finish kedua.

Sayangnya, insiden senggolan tersebut memaksa posisi siswa Global Jaya School Bintaro itu harus melorot ke belakang karena terkena sanksi 30 detik.

Toh, performance Kanaka pada 2 seri pembuka itu lebih dari cukup sebagai indikator bahwa putra pasangan Andre Gusasi dan Dian Murdianingsih ini menjadi ancaman serius bagi siapa saja di kelas Mini.

Jam terbang dan skill yang makin terasah adalah kunci keberhasilan Kanaka. Juga mungkin didukung mesin IAME X30 yang baru tahun ini dipakainya. 

Seperti diketahui, kejurnas gokart tahun ini boleh memakai mesin Vortex Rok dan IAME X30.

"Menurut saya, kedua mesin tersebut kurang lebih sama kemampuannya. Masing-masing ada plus dan minusnya," terang Andre Gusasi, sang ayah. 

Namun, Andre sangat yakin banyak faktor terhadap progress yang diraih Kanaka. Dari kesiapan fisik, makanan hingga jam istirahat yang sangat diatur oleh Andre.

"Tapi, saya selalu tekankan ke Kanaka, kalau orangnya (pembalapnya) yang harus kencang hehe," ungkap Andre. (bs)

 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060