Mudik Lebaran Saat Tepat Wisata Di Jakarta

Kamis, 16/07/2015 12:35 WIB

Mobilinanews.com (Jakarta) - Bagi Anda yang tidak melakukan budaya mudik, rasanya liburan Lebaran menjadi saat yang tepat untuk menjelajahi Jakarta, tanpa khawatir akan terjebak kemacetan. Bisa-bisa ‘pelesiran’ di Ibukota bersama keluarga, langsung melahap banyak lokasi wisata dalam sehari, yang hal ini tidak mungkin dilakukan diluar waktu lebaran.

Wisata di Jakarta Pusat
Monumen Nasional (Monas),jl Merdeka Utara, Gambir. Bangunan yang dibuka untuk umum sejak 12 Juli 1975 oleh Presiden pertama RI Ir. Soekarno, berisikan sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang tertuang dalam 12 diorama sejarah. Diatap bangunan setinggi 132 m ini, Anda beserta keluarga dapat menikmati pemandangan kota Jakarta dari ketinggian.
Masjid Istiqlal, Jl Pintu Air Sawah Besar. Masjid terbesar se Asia Tenggara ini, merupakan salah satu objek wisata rohani yang tidak hanya dikunjungi oleh umat muslim ini dikarenakan oleh kemgahan yang dimilikinya. Sebagai satu bentuk toleransi lain yang terlihat yaitu, arsitektur Masjid Istiqlal dirancang oleh Frederich Silaban, seorang Kristen Protestan.
Gereja Kathedral, Jl Kathedral, Sawah Besar. Bagunan gereja bersejarah dengan gaya Neo-Gotik yang diresmikan 21 April 1901 ini terkenal oleh desainnya yang anggun. Gereja Rancangan P.A Dijkmans menghabiskan dana hingga 628.000 Gulden ini, juga merupakan salah satu bentuk toleransi antar umat beragama, mengingat posisinya berhadapan langsung dengan Masjid Istiqlal.

Wisata di Jakarta Utara.
Rumah si Pitung, Jl Kampung Marunda Pulo, Cilincing. Rumah milik H. Syafiuddi yang merupakan saudagar kaya pada jamannya, pernah dirampok oleh ‘Robin Hood’ Jakarta yang terkenal dengan nama Pitung. Bangunan panggung bergaya rumah Bugis ini, menjadi salah satu sejarah kehebatan pendekar Pitung dalam melawan serakahnya penjajah Belanda.
Pelabuhan Sunda Kelapa, Jl Maritim, Penjaringan. Pelabuhan yang telah berdiri sejak jaman kerajaan Tarumanegara, merupakan syahbandar terbesar dan tersibuk. Hingga kini ragam jenis perahu Phinisi, masih melakukan aktivitas bongkar muatnya, dan menjadi objek wisata sejarah yang ideal untuk keluarga.
Museum Bahari, Jl Pasar Ikan, Penjaringan. Bangunan yang pada jaman VOC dulu difungsikan sebagai gudang penyimpanan rempah-rempah. Saat ini berisikan beragam sejarah kebaharian Indonesia. Banyaknya koleksi perahu di museum ini akan menjadi hal yang menarik untuk diketahui oleh keluarga Anda.

Wisata di Jakarta Barat
Wisata Kota Tua. Diwilayah kota tua, Anda beserta keluarga dapat menyambangi bermacam tempat bersejarah sekaligus di satu area. Mulai dari Museum Fatahilah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, hingga berkunjung ke Jembatan Gantung. Menariknya, Anda dan keluarga bias menyewa sepeda Onthel dan berkeliling sepanjang komplek Kota Tua, Murah meriah dan sehat juga loh.
Museum Tekstil, Jl K.S Tubun, Palmerah. Sejarah Tekstil di Indonesia terangkum di museum ini. Anda beserta keluarga dapat memahami, bagaimana proses tenunan serta jahitan dibuat dengan alat yang sederhana, namun menghasilkan kualitas hasil jahitan yang berkualitas.

Wisata di Jakarta Selatan
Museum Satria Mandala, Jl Gatot Subroto, Mampang Prapatan. Museum yang berisikan tentang cerita sejarah perebutan Kdekuasaan serta kemerdekaan RI ini sangatlah menarik. Si buah hati dapat menyaksikan kekuatan alat tempur yang dimiliki oleh Angkatan Bersenjata Indonesia saat itu dan dapat melihat dari dekat kebesaran armada tempur seperti Tank atau Pesawat Tempur yang terdisplay di museum ini.
Museum Layang-Layang, Jl H. Kamang, Pondok Labu. Museum ini tergolong baru ini, berisikan ragam jenis tipe Layang-Layang. Dimensi serta ukuran yang dikoleksi di museum ini juga sangat unik dan rumit, belum lagi koleksi Layang-Layang dari Negara lain, makin menambah kaya khasanah Layang-Layang di Tanah Air.

Wisata di Jakarta Timur
Museum Lubang Buaya, Jl Komplek Lubang, Pasar Rebo. Dimuseum ini terdapat beberapa diorama adegan penghianatan PKI terhadap beberapa Jendral Besar TNI. Anda dapat membekali si buah hati dengan beberapa kisah Patriotik yang dapat memperkuat semangat persatuan.
Rumah Tradisional Betawi, Jl Condet Raya, Kramat Jati. Bangynan rumah Betawi ini, bias menjadi sebuah orientasi bagi keluarga Anda, betapa besarnya kekayaan desain rumah yang terbentuk oleh unsure budaya yang beragam pula.

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen