Shell Indonesia Gelar Shell Livewire Energy Solutions

Kamis, 18/04/2019 22:32 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Sementara Arcandra Tahar dalam sambutan yang dibacakan oleh FX Sutijoso menyampaikan apresiasi kepada Shell Indonesia yang telah menggelar program Shell LiveWIRE Energy Solutions.

 ”Kami sangat menyambut baik program yang diselenggarakan oleh Shell Indonesia dalam pengembangan kewirausahaan di bidang energi," ujar Arcandra Tahar. 

Indonesia mempunyai banyak keistimewaan, kita memiliki jumlah penduduk yang besar serta kekayaan alam yang merupakan potensi besar dijadikan sebagai sumber energi terbarukan seperti angin, air, matahari dan bahkan limbah buangan, semua ini dapat dimanfaatkan untuk menjadi baku sumber energi” 

Dilanjutkan bahwa kegiatan seperti yang dilaksanakan oleh Shell ini sejalan dengan program pemerintah dalam meningkatkan peran energi baru, terbarukan (EBT) untuk mengelola energi nasional sebesar 23% di tahun 2025.

Melalui program Shell LiveWIRE Energy Solutions, anak-anak muda Indonesia ditantang untuk melahirkan ide dan inovasi dengan memanfaatkan semua potensi yang ada, sehingga tercipta solusi-solusi baru yang visible untuk di implementasikan dan dapat di akses oleh semua masyarakat.
 
Luca Cada Lora dari tim Resikel Global Polimer mengatakan, sangat bersyukur dan bahagia karena bisnis berhasil memperoleh penghargaan dan menjadi pemenang pertama di ajang Shell LiveWIRE Energy Solutions 2019.

Pengalaman kami selama empat bulan di program ini membantu menajamkan kemampuan bisnis kami sehingga dapat dikembangkan untuk tujuan komersial serta memberikan manfaat lebih besar kepada lingkungan dan masyarakat.

Resikel adalah sebuah start-up yang menciptakan teknologi pyrolizer yang mengubah sampah organik dan non-organik menjadi bahan bakar padat dan cair serta insinerator untuk mengurangi volume sampah secara terkontrol dan signifikan.

Hal lain diungkapkan oleh Izza Auliya Amukholidi dari tim BIOPE yang berhasil terpilih sebagai pemenang kedua.

“Bisnis kami berangkat dari kepedulian kami terhadap masalah pengelolaan limbah peternakan yang dialami para peternak sapi di desa kami di Banyuwangi," ujar Izza. 

Melalui program Shell LiveWIRE Energy Solutions, kami mendapatkan dukungan untuk mengembangkan produk reaktor biogas kami sehingga bisa lebih mudah diakses dan digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Sementara tim Ecobiogas yang diwakili oleh Laila Sabrina mengatakan, motivasi di awal memulai usaha ini adalah menciptakan solusi untuk membantu masyarakat perkotaan dalam pengelolaan sampah organik dari industri dalam bentuk alat pengolah sampah organik semi-otomatis menjadi biogas yang dilengkapi dengan smart monotoring system sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi.

"Kami tak menyangka ide ini bisa membawa kami sebagai pemenang ketiga Shell LiveWIRE Energy Solutions."

"Kami bangga bisa menjadi bagian dari Shell LiveWIRE Energy Solutions karena menurut kami program ini tak hanya sebuah kompetisi biasa, namun juga mampu meningkatkan wawasan dan kompetensi kami dalam hal bisnis energi untuk berkontribusi dalam menjawab persoalan energi dunia yang menjadi tantangan kita semua.”

Tiga inovator bisnis energi terbaik yaitu Resikel Global Polimer, BIOPE dan Ecobiogas adalah bagian dari 12 peserta yang berhasil masuk dalam babak akhir (final) atau Pitching ajang Shell LiveWIRE Energy Solution.

Adapun sembilan nama lainnya yang masuk dalam babak final ajang kompetisi ini yaitu Aubitor (inovasi: instalasi biogas khusu rumah tangga), BerbagiListrik (inovasi: penyediaan akses energi untuk desa-desa secara gratis), Bionika (inovasi: penyedia alat optimasi biorektor untuk optimalisasi gas metana sebagai bahan dasar biogas), dan Bawor Energy  (inovasi: briket dari hasil limbah).

Finalis-finalis lainnya adalah  Carbon Research Technology Indonesia (inovasi: Social enterprise berupa penyediaan energi briket), Crowd Solar Farming (inovasi: pelayanan pembuatan panel surya), Energy Hub (inovasi: platform online “one stop solution” yang mempertemukan antara calon pengguna.

Dan penyedia teknologi panel surya sebagai energi alternatif), Homs (Inovasi: produk Internet of Things (IoT) yang berfungsi untuk memfasilitasi manajemen penggunaan energi listrik bagi masyarakat di Indonesia dan Pasar Surya Atap (inovasi: membangun integrated marketplace untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atas (PLTS Atap). (hilary) 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!