Pemakaian Roof Box di Mobil, Tren Konsumen Cenderung Pilih Ukuran Besar

Minggu, 05/05/2019 14:16 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Bagi anda yang suka bepergian atau traveling, penambahan Roof Box di mobil menjadi pilihan untuk membawa lebih banyak barang. Meski begitu, konsumen yang menambahkan Roof Box di mobil tidak selalu mereka yang suka traveling ataupun adventure, namun banyak juga dari segmen mobil keluarga.

Fakta tersebut disampaikan langsung oleh Halley Siboro, Direktur PT Sole Indotrade, produsen Roof Box premium merek Whale Carrier.

"Pengguna Roof Box nggak meski dari kalangan adventure. Paling banyak justru family, karena mobil mereka kan MPV 7 penumpang. Memang secara teoritis mobil 7 seater itu tempat barangnya udah banyak. Tapi begitu penumpangnya penuh (satu keluarga) maka tidak ada lagi tempat bagasi. Misal saya pakai Fortuner keluar kota isinya 6 orang, udah penuh jadi barang semuanya naik ke atas," ujar Halley kepada redaksi mobilinanews.

Tak hanya itu, fakta lainnya adalah sejak setahun terakhir, kecenderungan konsumen yang memakai Roof Box ternyata lebih memilih tipe dengan size paling besar.

Menurut Halley Siboro, tren Roof Box memang tengah bergeser, namun tipe ukuran sedang masih tetap memiliki pasar yang besar, khususnya di Indonesia karena masih cocok di pasang di mobil jenis city car bahkan sedan.

"Satu tahun terakhir ini tren nya lumayan berubah. Sekarang itu orang cenderung larinya ke tipe yang paling gede. Tahun lalu kita cukup kewalahan melayani permintaan tipe paling paling gede yang panjangnya 189 cm hampir 2 meter. Konsumen SUV rata-rata langsung ambil yang paling gede. nah tapi memang ceruk yang paling besar (paling laris) itu yang tipe panjangnya 172 cm (tipe Lewa), road way, dan free way, dulu kita punya bromo yang juga ukuran 172. Itu model-model yang paling laris, karena dia di SUV masuk, SUV medium masuk, sedan masuk, bahkan city car masih masuk," jelas Halley.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Whale Carrier merilis tiga model yang baru saja diluncurkan, antara lain tipe Komodo, Lewa, dan Bajo. Komodo menjadi tipe dengan ukuran paling besar saat ini dengan ukuran panjang 216 cm, lebar 90 cm. Tipe Lewa memiliki ukuran sedikit lebih kecil dengan panjang 172 cm dan lebar 83 cm. Sedangkan tipe Bajo memiliki panjang 139 cm dengan lebar 90 cm.

Semua tipe Roof Box Whale Carrier hadir dengan material premium dan hanya tersedia dalam dua pilihan warna yakni hitam dan putih. Soal harga, Whale Carrier Komodo untuk warna hitam dibanderol Rp 8,5 juta, tipe Lewa warna hitam dijual Rp 5,6 juta, sedangkan Bajo warna hitam dijual Rp 4,8 juta. Untuk varian warna putih, masing-masing tipe lebih mahal sebesar Rp 500 ribu. (adr) 

 

TERKINI
Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 BYD Resmi Meluncurkan Sea Lion 07: SUV Pesaing Tesla Model Y