KPPU Janji Akan Buka-Bukaan Bukti Kasus Kartel Yamaha & Honda

Selasa, 07/05/2019 00:11 WIB

mobilinanews (Jakarta) -- Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyatakan akan mengungkap seluruh bukti yang digunakan dalam menjerat Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan Astra Honda Motor (AHM) dalam kasus pengaturan harga.

KPPU memutuskan YIMM dan AHM melakukan praktik kartel pada skutik 110 - 125 cc yang bertentangan dengan Undang-Undang No 5 Pasal 5‎ Tahun 1999 tentang penetapan harga dalam putusan vonis yang dibacakan pada 20 Februari 2017.

Selama persidangan, KPPU menghadirkan beberapa bukti, yang menguatkan atas tuduhan keduanya melakukan kartel. Salah satunya email internal YIMM yang isinya menyinggung pejabat tinggi AHM soal persetujuan penetapan harga.

Komisioner KPPU Guntur Syahputra Saragih menjelaskan pihaknya sedang menyiapkan penjelasan tentang bukti-bukti persekongkolan
antara Honda dan Yamaha dalam menentukan harga motor dimaksud. 

Menurut Guntur, hal itu perlu dilakukan untuk memperkuat bukti apa saja yang digunakan KPPU

Seperti diketaui, kasus pengaturan harga motor Honda dan Yamaha tersebut terjadi pada era kepengurusan KPPU periode 2012-2018 yang dipimpin Mohammad Syarkawi Rauf. 

"Saya sekarang masih menyiapkan, mudah-mudahan teman-teman media nanti bisa datang," kata Guntur yang menjabat untuk periode 2018 - 2023 di kantornya kawasan Jalan Juanda, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019).

Pada April 2019, Mahkamah Agung telah  menolak pengajuan kasasi dari YIMM dan AHM atas putusan KPPU. Menurut Guntur, sikap MA itu sekaligus memperkuat keputusan KPPU.

"Kalau bukti kami tidak kuat, MA tidak akan menguatkan putusan KPPU. Jadi, kalau keberatan ya dapat melakukan Peninjauan Kembali. Ini penolakan kasasi sudah jadi putusan MA," kata Guntur.

AHM diketahui menolak  bukti-bukti selama persidangan oleh KPPU. Menurut Honda, alat bukti email internal YIMM sifatnya hanya sepihak. 

Sementara Yamaha sampai sekarang belum memberikan tanggapannya seputar kekalahan di MA. (antara, bs)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!