MotoGP 2019: Siap ke LeMans, Rossi Revisi Elektronik M1

Rabu, 08/05/2019 21:16 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Hasil tes Jerez menempatkan Valentino Rossi di urutan 17 tercepat. Tapi, ia optimis menyongsong seri MotoGP berikutnya di LeMans.

Ini alasannya. Dalam tes pasca GP Spanyol kemarin The Doctor sama sekali tak menyentuh ban berkompon lunak (soft tyre) dalam mengarungi 74 laps.

Orientasinya memang bukan catatan waktu, karena itu masa bodohlah soal urutan ke-17.

Saat Maverick Vinales dan pembalap satelit Yamaha fokus pada set up dan catatan waktu, Rossi yang bertugas merestorasi M1 agar 'semakin di depan' berkutat pada pengembangan M1.

Ia ngetes perangkat elektronik versi terbaru. Tujuannya mengatasi masalah akselerasi dan grip roda belakang yang sejauh ini masih jadi problem besar M1.

Sebenarnya Yamaha juga punya perangkat baru aerodinamika yang sudah dihomologasi, tapi Rossi memilih tetap pakai versi yang lama saja karena yakin lebih efektif untuk meredam gejala wheelie.

"Tak ada perubahan besar. Temuan-temuan kecil dalam tes ini akan dipakai pada race bseikutnya," ucap The Doctor yang start 13 di GP Spanyol namun sukses finish di posisi 6.

Ronde berikutnya main di GP Prancis, LeMans pada 17-19 Mei. Itu salah satu trek favorit Rossi dan salah satu trek yang karakternya dinilai cocok dengan Yamaha. Sebab itu optimisme melambung sejak dini.

Direktur Yamaha Massimo Meregelli menyebut pengembangan teknis saat ini memang belum menyeluruh, tapi beberapa item perubahan akan dipakai di LeMans. Ia pun yakin akan ada peningkatan signifikan.

"Tentu akan ada langkah lanjutan. Up date perangkat teknis lainnya kami munculkan dalam tes Barcelona mendatang," terangnya. 


Meski sudah berumur 40 tahun, saat ini Rossi berada di grup 4 Besar klasemen. Masih bisa bikin penasaran fans MotoGP. (rnp)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik