Sambut Hot Prospect Jelang Lebaran, Daihatsu Siapkan Paket Kreatif

Kamis, 09/05/2019 23:33 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Tradisi Lebaran memang momen yang tepat buat Agen Pemegang Merek (APM) berjualan. Termasuk pabrikan Daihatsu dengan line up andalannya seperti Sigra, Xenia, Terios, Ayla dan Grand Max.

Penurunan penjualan medio kwartal pertama 2019 diyakini bisa ditutup oleh transaksi jelang Lebaran nanti.

Untuk itu Daihatsu siap menjamu costumer-nya dengan paket-paket agresif dan kreatif untuk penjualan jelang lebaran. Yaitu beberapa skema kredit yang disesuaikan dengan type mobil dan segmen pembelinya.

"Intinya adalah layanan khusus yang sangat memudahkan dan terjangkau di masing-masing segmen. Skema ini kami yakini efektif mengingat porsi kredit mencapai 75% dalam  penjualan mobil,"  kata Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor dalam acara buka bersama dengan media di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Seperti dunia bisnis lainnya, ia akui pangsa pasar Daihatsu dalam periode Januari - April 2019 memang turun dibandingkan periode sama tahun lalu.

Kini produk Daihatsu secara keseluruhan hanya terjual 66.825 unit untuk semua type.  Kali ini yang jadi primadona adalah Sigra yang terjual 20.077 unit atau 30% dari keseluruhan produk Daihatsu.

Untuk whole sales, terjadi penurunan 5,2% dari periode sama tahun 2018.

Ia menambahkan secara nasional, penjualan mobil kwartal pertama 2019 memang turun. Untuk whole sales nasional hanya mencapai 337.321 unit atau turun 14,4% dibandingkan tahun lalu. 

"Banyak faktor yang mengakibatkan penurunan ini. Salah satunya adalah proses Pemilu yang menyita perhatian dalam 6 bulan itu. Banyak pembeli yang menunda transaksi," imbuh Amel.

Mereka yang menunda transaksi itulah yang kini dibidik Daihatsu secara khusus.

Amel mencontohkan pameran Telkomsel IIMS lalu di mana pihaknya hanya mencapai transaksi penjualan 339 unit dalam 10 hari atau turun 30% dibandingkan tahun lalu.

Tapi, dalam kesempatan itu, banyak calon pembeli yang sudah berancang-ancang untuk transaksi jelang lebaran. Hal sama terjadi di level diler dan showroom. 

"Kami menyebutnya hot prospect karena potensinya sangat besar. Dan, kami yakin dengan skema kredit yang kreatif akan meningkatkan penjualan pada Mei ini," sebut Amel.

Seperti tradisi tahunannya, tahun ini pun Daihatsu memberikan layanan mudik khusus untuk pemilik Daihatsu. Termasuk yang lebih khusus lagi, yakni jurnalis pemilik Daihatsu.

Selain layanan umum, bagi jurnalis pemilik Daihatsu  juga diberikan dana Rp 1,5 juta untuk meringankan biaya mudik.

Ya, sangat lumayan, setidaknya menutup biaya tol jarak jauh. (rnp)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo