Dua Pembalap Indonesia Tim T2 Motorsports Siap Balapan di Buriram Thailand

Sabtu, 11/05/2019 12:23 WIB

mobilinanews (Buriram) - Tim T2 Motorsports telah bertolak ke Thailand untuk mengikuti seri kedua ajang balap Blancpain GT World Challenge Asia 2019 yang akan diselenggarakan di Chang International Circuit (CIC) pada Jumat (10/5). 

Berada di kota Buriram yang berjarak sekitar 400 KM dari kota Bangkok, tim T2 Motorsports menempuh perjalan darat yang menghabiskan waktu kurang lebih lima jam lamanya.

CIC akan menjadi tantangan tersendiri untuk para pembalap T2 Motorsports, Rio Haryanto maupun David Tjiptobiantoro.

Keduanya belum memiliki pengalaman sama sekali di CIC yang telah beroperasi sejak tahun 2014 silam ini.

“Karakter track-nya disini memang agak beda dari Sepang, dimana di sini banyak short corners dan track-nya lebih pendek dibanding Sepang,” ungkap David Tjiptobiantoro. 

CIC punya layout berjarak 4,554 KM dengan 12 tikungan dan kapasitas hingga 50.000 orang. Menjadikannya satu-satunya sirkuit di Thailand yang sudah terstandarisasi Internasional. 

CIC mengantongi sertifikat grade 1 dari FIA (Federation Internationale de l'Automobile) dan juga sertifikat grade A dari FIM (Fedration Internationale de Motocyclisme).

Demi mendapatkan hasil yang maksimal, tim engineer T2 Motorsports telah melakukan banyak perubahan pada mobil.

“Kami sudah berdiskusi dengan tim engineer dan sepertinya akan ada banyak perubahan dibandingkan di Sepang, karena di Sepang bisa dibilang kurang kompetitif jadi kita memerlukan perubahan yang cukup besar,” ujar Rio Haryanto.

Selain sifat track dan setting mobil, faktor cuaca dan regulasi baru juga dipercaya T2 dapat berpengaruh terhadap race di CIC ini. 

“Cuaca di CIC yang cepat berubah-ubah dalam waktu singkat dapat mempengaruhi performa kami pada saat race berlangsung,” jelas Irmawan Poedjoadi selaku team principal.

Dimana menurutnya tim harus cekatan dan tepat dalam mengambil keputusan penggantian ban. Ditambah lagi ada peraturan baru dari organizer yang hanya memperbolehkan memiliki 4 set ban saja,

“Dimana pada race sebelumnya di Sepang, kami diperbolehkan memiliki 5 set ban yang dipergunakan untuk 2 sesi free practice, 2 sesi qualifying, race 1 dan race 2,” tambah Wawan, sapaannya.

Ajang Blancpain GT World Challenge ini dapat disaksikan secara live melalui official YouTube channel GTWorld ataupun melalui siaran TV Fox Sports. 

Race ke-3 akan berlangsung pada hari Sabtu, 11 Mei 2019 pukul 15:30 WIB dan Minggu, 12 Mei 2019 pukul 11:45 WIB. (anto)

TERKINI
Pembuktian Bersama Gresini Racing, Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024 Daihatsu Kumpul Sahabat Beri Apresiasi Erwan Erik, Setia Menggunakan Daihatsu Xenia Selama 12 Tahun Mitsubishi Fuso Hadirkan Part Depo ke-19 di Morowali, Pastikan Kesiapan Suku Cadang GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru