Begini Tips Berkendara Malam Hari Agar Terhindar dari Begal

Sabtu, 18/05/2019 21:20 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Akhir-akhir ini aksi kriminal begal kerap mengancam pengendara motor di ibukota.

Berbagai modus baru pun dilakukan para kriminal jalanan tersebut. Mulai dari mengentikan paksa motor, menodong dengan senjata tajam, hingga yang teranyar modus memepet korban dan mencabut kunci motor.

Ada banyak cara atau tips agar kita terhindar dari aksi pembegalan. Safety Riding Promotion (SRP), WMS memberikan beberapa tips berkendara yang aman.

"Untuk mengantisipasi aksi begal ada baiknya memilih jalur alternatif yang ramai dilewati dengan pencahayaan terang. Bisa juga bareng dengan teman yang satu arah dalam perjalanan pulang," Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana.

Selain itu penting untuk memastikan kondisi kendaraan dalam kondisi yang prima, dan tetap mengontrol emosi di jalan agar tetap tenang dan tidak panik.

Berikut tips sederhana berkendara malam hari agar terhindar dari begal:

- Pilih waktu tepat untuk berkendara.

- Jika terpaksa larut malam, usahakan ada teman.

- Pilih rute aman dalam hal keramaian dan penerangan.

- Jangan panik jika ada kendaraan yang mencurigakan dan segara berhenti di tempat ramai ataupun kantor kepolisian sesuai rute yang ditempuh.

- Meningkatkan kemampuan berkendara Anda. 

(adr)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!