Analisa Rio Sarwono : Waspada Lomba F1 Di Sirkuit Vampire !

Minggu, 26/07/2015 13:21 WIB

Hongaria dikenal sebagai negara tempat asalnya vampire. Demikian juga sirkuit Hongaroring di ibukota Budapest bakal tempat berlanngsungnya seri F1 kali ini. Merupakan sirkuit yang menakutkan bagi para pembalapnya.

Panjang lintasannya hanya 4.3 km.  Namun secara kasat mata saja memiliki 14 tikungan. Namun kalau diperhatikan secara detil sebenarnya memiliki 21 tikungan. Dengan lebar trek hanya 12 meter, maka bisa dibayangkan akan menyulitkan para pebalap yang berlomba.

Selain harus menghapalkan karakter dari 21 tikungan juga harus memikirkan kondisi lebar sirkuit agar tidak bersenggolan dengan pembalap lain di sampingnya. Di sini dibutuhkan skill tinggi dibanding keandalan dan kapasitas mesin.

Boleh saja tim Mercedes Petronas mengusai pole position melalui Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Namun tidak mudah bagi Mercedes untuk menguasai jalannya lomba. Tahun  lalu lomba di sirkuit ini diguyur hujan dan lombanya diwarnai banyak kecelakaan dengan masuknya safety car. Sehingga Hamilton pun hanya bisa keluar sebagai juara 3.

Dengan trek lurus yg pendek pendek, memang power besar seperti Mercedes juga tidak banyak diuntungkan.

Dan banyaknya tikungan akan menghabiskan ban. Sehingga strategi pemilihan ban dan kecepatan di pitstop akan sangat memegang peranan penting. Sehingga Ricciardo yang start keempat, Kimi start kelima dan Bottas keenam mempunyai kans yang sama dengan Hamilton, Rosberg dan Vettel yang menguasai pole pada QTT kemarin.

Dapat dikatakan hanya pebalap yang dapat melepaskan diri dari gigitan sirkuit vampire-lah yang dapat naik podium. Bisa Hamilton, Rosberg, Vettel, Ricciardo, Kimi bisa juga Bottas.

Yang jelas tahun lalu Ricciardo yang hanya start keempatlah yang akhirnya bisa naik ke podium utama.

Selamat menyaksikan lomba F1 di  Vampire Circuit Budapest, Hongaria.

TERKINI
PO TAM Tambah 10 Unit Bus Mercedes-Benz OH 1626L Euro 4 Untuk Mendukung Bisnis! Perluas Ekspansi Pasar, Goodyear Kini Punya Toko Online di e-Commerce April 2024, Chery OMODA E5 Terjual 506 Unit di Indonesia! Tips Membeli Mobil dengan Sistem Kredit, Pertimbangkan Aspek-Aspek Ini Agar Aman dan Tenang