Pengunaan Fitur Navigasi Waze Diperkirakan Meningkat Selama Libur Lebaran

Jum'at, 31/05/2019 18:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Waze sebagai navigasi GPS berbasis komunitas, memprediksikan lalu lintas selama Ramadan di Indonesia dengan menggunakan data yang dipublikasikan pada tahun 2018 lalu.

Selama Ramadan, lalu lintas meningkat secara signifikan, karena orang-orang biasanya memilih untuk bepergian lebih banyak. 

Selama Ramadan tahun lalu yang menjadi tiga destinasi utama adalah toko serba ada yang menarik 4.1 juta navigasi, restoran dan outlet makanan siap saji dengan 1.5 juta navigasi, dan warung kopi dengan 391.000 navigasi.
 
Toko serba ada menjadi tujuan terbanyak, karena orang biasanya membeli makanan ringan atau minuman untuk mereka berbuka puasa saat mereka masih berada di jalan.  

Restoran siap saji dan warung kopi juga menjadi destinasi populer karena  dengan banyaknya cabang dan outlet tersebar di seluruh kota mudah untuk didatangi. 

Selanjutnya, outlet dengan layanan drive-through terbukti lebih praktis bagi pengemudi. Konsumsi bahan bakar pun meningkat akibat bertambahnya orang yang bepergian.  

Mendekati Hari Idul Fitri  merupakan waktu tersibuk pom bensin yang disebabkan oleh budaya “mudik” di Indonesia. 

Bahan bakar lebih banyak dibutuhkan untuk perjalanan jauh, banyak orang pulang kampung atau pergi liburan.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, navigasi pada aplikasi Waze umumnya meningkat selama Idul Fitri,” jelas  Marlin R. Siahaan, Waze Indonesia Country Manager.

“Dimana orang-orang mengambil manfaat pergi “mudik” atau berkendara ke tujuan wisata,” ujar Marlin menambahkan.

Pada tahun 2018,  terjadi 87% navigasi di Medan, 62% di Semarang, 42% di Surabaya, 34% di Bandung, dan 20% di Jakarta. 

Angka tertinggi muncul di Medan diakibatkan oleh kurangnya infrastruktur transportasi umum di kota tersebut. 

Sebaliknya, kilometer berkendara tertinggi  Wazer terjadi di Semarang (148%), diikuti Surabaya (95%), Bandung (53%), Medan (48%), dan Jakarta (25%). 

“Hal ini terjadi karena orang  diharuskan mengemudi lebih jauh dari segi jarak di Semarang,” tutupnya.

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas