Pakai Roof Box di Atap Mobil Buat Mudik, Aman Kah?

Sabtu, 01/06/2019 22:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Momen mudik Lebaran, kerap dijadikan kesempatan mengajak segenap anggota keluarga untuk balik ke daerah asal, ditambah juga sejumlah barang yang kadang melebihi muatan kabin.

Solusinya, banyak pengguna mobil memanfaatkan produk aftermarket yakni, roof box yang jamak ditempatkan di atas atap mobil. Namun untuk pemakaiannya, aman kah buat mudik?

“Pemasangan roof rack atau roof box boleh saja, sepanjang penempatannya harus benar,” jelas Sonny Susmana, pakar safety driving. 

“Pastikan dia mampu menjaga keseimbangan kendaraan. Kan sifatnya tambahan, yang harus diperhatikan adalah center of gravity-nya mobil sudah ke atas,” jelas instruktur di Sejahtera Abadi Safety & Defensive Driving Training ini.

“Sehingga mobil itu pitch roll body yawing dan bouncing-nya semuanya lebih parah lagi bekerjanya,” ujarnya ditemui di pelepasan Sahabat Mudik Daihatsu pada Minggu (26/5). 

Lebih lanjut menurutnya, kecepatan juga musti dikurangi 10 km/jam dari kecepatan yang dianjurkan di rambu.

“Sebaiknya penempatan di atas itu untuk barang yang ringan-ringan saja, kebanyakan pemakai mobil justru menaruh barang berat di atas, supaya kabin bisa luang dipakai untuk tidur dengan meratakan. Ini yang bahaya,” wanti Sonny.

Yuk, mulai diperhatikan keselamatan pemakaian roof box tambahan di atap. (anto)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Menyelenggarakan Diskusi Inspiratif yang Membahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Oleh Riki Ibrahim, Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi