Minimalkan Antri SPBU Saat Mudik, Kemenhub Sarankan Isi BBM Full Tank

Jum'at, 07/06/2019 20:15 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Perjalanan mudik kerap tersita waktu akibat antri mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sering menimbulkan kemacetan di titik tertentu.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui akun sosial media resminya @kemenhub151 sarankan untuk isi BBM hingga full tank atau penuh, untuk meminimalkan antri di SPBU saat mudik.

Setiap pemudik tentu ingin mudik dengan lancar tanpa macet, termasuk antrian dan kemacetan di area SPBU

Salah satu cara meminimalkan kemacetan, dimulai dengan mengisi BBM kendaraan hingga penuh sebelum memulai perjalanan jauh. 

Karena jika tangki BBM kendaraan penuh, tidak lagi sering-sering ke SPBU. Cara ini dinilai Kemenhub cukup efektif menghindari antrean panjang di SPBU

Agar tak terjadi penumpukan kendaraan yang mengisi bersamaan, sehingga kemacetan bisa terhindarkan.

Manfaat kedua adalah mengantisipasi kendaraan mogok karena kehabisan BBM. Karena kondisi jalan yang akan dilalui nanti tidak bisa diprediksi, apakah macet atau lancar. 

Cara lain yang disarankan Mobilinanews adalah memetakan rute perjalanan mudik atau balik mudik nanti.

Cari lokasi persis serta alamat lengkap SPBU yang sekiranya akan dilalui di rute perjalanan yang akan ditempuh.

Paling tidak, waktu perjalanan mudik tidak terbuang lama hanya untuk antri isi BBM di SPBU. (anto)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap