Fitur Airbag Samping, Begini Cara Kerjanya

Senin, 10/06/2019 21:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Bagian samping body mobil merupakan area yang sering mendapatkan benturan. Selain itu tabrakan dari samping juga sering terjadi bahkan berpotensi paling membahayakan penumpang dan pengemudi. 

Karena itu, ZF sebagai salah satu produsen komponen otomotif asal Jerman merilis fitur keselamatan terbaru. Sebuah prototipe yang menerapkan sistem airbag di bodi samping mobil yang bisa mengembang dalam hitungan sepersekian detik sebelum tabrakan terjadi. 

Fitur ini diklaim mengurangi potensi celaka pengemudi dan penumpang mobil sebesar 40 persen 

"Kami menyoroti bahwa sistem keselamatan ini memiliki potensi untuk secara signifikan mengurangi keparahan cedera penghuni dalam kasus tabrakan samping," kata Kelas Uwe, Kepala Departemen Sistem Mobilitas Aman, ZF seperti dikutip dari Autoblog. 

ZF juga telah melakukan demonstrasi sistem airbag di bagian luar mobil ini. Demo dari fitur ini juga sudah berhasil dan menunjukkan bahwa airbag samping efektif dalam meningkatkan keselamatan orang-orang didalam mobil. 

Pihak ZF menambahkan bahwa fitur ini hanya membutuhkan sekitar 150 milidetik (setara kedipan mata) untuk mengembangkan airbag. 

Adapun cara kerja fitur airbag samping adalah sensor yang tertanam di mobil mengidentifikasi potensi kecelakaan. Ketepatan dan keakuratan didukung dengan radar. (adr)

TERKINI
Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 BYD Resmi Meluncurkan Sea Lion 07: SUV Pesaing Tesla Model Y