Tes MotoGP: Marquez Uji Besutan Lawas, Motor Lorenzo Mendarat di Tumpukan Ban

Selasa, 18/06/2019 16:07 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Tes resmi MotoGP di Sirkuit Montmelo, Catalunya, Spanyol, lalu rupanya dimanfaatkan tim Repsol Honda untuk pengembangan motor musim 2020. Beda dengan tim lain yang masih berkutat dengan spek 2019.

Wajar kalau Marc Marquez hanya  masuk 3 Besar tercepat di bawah joki Yamaha Maverick Vinales dan Franco Morbidelli.

Guna mencari 'bahan' pembangunan RV213V musim 2020, pembalap utama Marquez sepenuhnya menjajal RCV spek 2018.

Sebaliknya pembalap satelit LCR Honda Takaaki Nakagami yang biasanya pakai versi 2018 diberi tugas membetot spek 2019. Keduanya bertukar informasi soal beberapa aspek yang sudah ditentukan.

Begitu juga Jorge Lorenzo yang bikin heboh dalam race sehari sebelumnya.  Ia coba bangun pengembangan untuk sisa kompetisi 2019 dan sebagian lainnya untuk musim 2020.

Teori yang ia bawa adalah temuan-temua khusus yang diperoleh saat kunjungan ke pabrik Honda di Jepang, sebelum tarung di GP Catalunya.

Lorenzo fokus ke masalah teknis ergonomik untuk merapikan distribusi bobot, sasis, dan beberapa aspek penunjangnya.

Hasilnya, ia malah kembali celaka. Kali ini tak mengajak pembalap lain alias kecelakaan tunggal.

Motornya terjungkal, terpental-pental ke gravel, dan akhirnya mendarat di atas tumpukan ban yang memagari lintasan. Satu hal yang tak pernah terjadi sebelumnya. 

"Ini kecelakaan dahsyat. Saya sangat takut. Untungnya tak ada tulang yang patah. Hanya bahu, lengan, dan tumit yang kesakitan," katanya. 

Rider Spanyol ini hanya tercepat ke-17 dalam tes, sedangkan Nakagami mampu bertengger di urutan 8 meski belum familiar dengan RC213V versi 2019.

Ini bukti Nakagami bisa cepat menyatu dengan spek 2019.

Sekaligus tanda tanya besar buat Lorenzo, apakah soal adaptasi atau memang tak mampu 'menjinakkan' Honda sehingga tak sekalipun finish di zona 10 Besar musim ini? (rnp)

TERKINI
Daihatsu Kumpul Sahabat Beri Apresiasi Erwan Erik, Setia Menggunakan Daihatsu Xenia Selama 12 Tahun Mitsubishi Fuso Hadirkan Part Depo ke-19 di Morowali, Pastikan Kesiapan Suku Cadang GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan