Volvo Dynamic Steering Mengurangi Tingkat Kelelahan Pengemudi Truk

Kamis, 20/06/2019 21:30 WIB

mobilinanews (Sentul) - Volvo Dynamic Steering, sebuah terobosan teknologi kemudi yang ringan dan akurat, diklaim sangat memudahkan dan mengurangi tingkat kelelahan dalam mengemudi truk. 

Teknologi ini menggabungkan power steering hidrolik konvensional dengan motor llstrik yang diatur secara elektronik dan dipasang pada roda kemudi. 

Sistem inl mampu mengurangi tenaga yang dibutuhkan dalam mengemudi hingga 85 persen dan meredam hentakan akibat Iubang.

Juga akibat jalan tidak rata, jalan berlumpur, pengereman dan menjaga truk tetap lurus ke arah yang dipilih pengemudi. 

Hasilnya, pengemudian yang presisi dan memberikan pengemudi truk Indonesia lingkungan kerja yang lebih aman, nyaman dan menyenangkan. 

“Teknologi yang dipatenkan ini bermanfaat bagi pengemudi truk di Indonesia di setiap kondisi operasi,” ujar Jurn Terpstra, MD, Volvo Trucks Indonesia di sela Media Test Drive di Bukit Pelangi Sentul, Jawa Barat pada Kamis (20/6/19).

Menurutnya, di jalan bebas hambatan sistem Volvo Dynamic Steering memberikan stabilitas arah kendaraan yang tak tertandingi. 

“Di jalan ‘off-road’, pada kecepatan rendah, truk yang penuh muatan pun akan sangat mudah dikendalikan sehingga pengemudi dapat melakukannya dengan satu jari," tambahnya.

Fitur baru ini sekarang tersedia di Indonesia untuk truk rigid dan prime mover dengan poros roda depan tunggal (6x4) dan poros depan ganda (8x4). 

Namun fitur ini belum tersedia untuk truk all-wheel drive atau dengan daya penggerak di semua roda. Truk on-road dan off-road Volvo juga dapat dilengkapi dengan Dynamic Steering

Saat ini truck dengan Volvo Dynamic Steering pertama sudah mulai diterima oleh pelanggan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara di Kalimantan. 

“Dalam salah satu survei yang kami lakukan sebelumnya, empat dari sepuluh pengemudi mengeluhkan nyeri di punggung, leher, bahu atau lengan setiap minggunya,” ungkap Jun. 

Dengan mengembangkan sistem kemudi ini, menurutnya Volvo menawarkan kondisi mengemudi yang Iebih santai untuk pengemudi truk Volvo. 

“Kami percaya bahwa Volvo Trucks dapat mendorong kemajuan kenyamanan dan keselamatan mengemudi di Indonesia,” tutupnya. (anto)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!