Begini Cara Kerja Sistem Kemudi Truk Volvo Dynamic Steering

Kamis, 20/06/2019 22:02 WIB

mobilinanews (Sentul) - Volvo Dynamic Steering bekerja pada sistem kemudi mekanis konvensional, pada poros terhubung ke roda kemudi. 

Unit servo hidrolik mampu menghasilkan tenaga yang membantu pengemudi memutar lingkar kemudi truk. 

Pada sistem Volvo ini, motor listrik yang dikontrol secara elektronik ditambahkan pada poros kemudi. 

Motor listrik ini bekerja sama dengan power steering hidrolik yang menyesuaikan diri ribuan kali per detik, tergantung kondisi berkendara dengan diatur oleh unit kontrol elektronik. 

Pada kecepatan rendah, motor Iistrik menambah tenaga ekstra dan pada kecepatan lebih tinggi motor listrik secara otomatis mengontrol kemudi dan melakukan

Kompensasi atas tekanan yang ferjadi pada roda kemudi, misalnya akibat dorongan angin samping atau permukaan Jalan yang tidak rata. 

"Fungsi motor listrik adalah memberikan pengendalian yang akurat di setiap saat pengoperasian,” ujar Jurn Terpstra, MD, Volvo Trucks Indonesia di sela Media Test Drive di Bukit Pelangi Sentul, Jawa Barat pada Kamis (20/6/19).

Contohnya, ketika sensor sistem mencatat bahwa pengemudi ingin melaju lurus ke depan, maka sistem secara otomatis memastikan tidak ada hambatan permukaan jalan yang mempengaruhi arah roda kemudi. 

“Pada kecepatan rendah, bantuan motor listrik membuat truk ini jadi sangat mudah dikendalikan,” tambah Jurn. 

Bahkan menurutnya, truk konstruksi yang sarat muatan yang berjalan di jalan ‘off-road’ yang kasar bisa dikemudikan tanpa kesulitan sedikit pun. 

Mobilinanews pun pada kesempatan ini sudah membuktikan kehandalan dari fitur canggih ini. Mengemudi truk senyaman nyetir SUV terkini. (anto)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan