Gugatan Ditolak, Vettel Ingin Bakar Buku Peraturan

Sabtu, 22/06/2019 10:05 WIB

mobilinanews (Perancis) - Sidang peninjauan kembali kasus GP Kanada yang menggagalkan kemenangan Sebastian Vettel sekaligus kemenangan pertama Ferrari di musim 2019 selesai dengan hasil kekalahan.

Sebanyak 7 alat bukti yang dibawa Ferrari ditolak stewards dan disahkan oleh FIA.

Sidang ini digelar sebelum sesi FP2 GP Perancis di Sirkuit Paul Ricard, Jumat (21/6/2019).

Di depan 4 stewards yang tugas di GP Kanada plus perwakilan FIA, Direktur Sport Ferrari Laurent Mekies membawa 7 bukti baru dan meminta Vettel ditetapkan sebagai juara di Kanada sebagaimana hasil lomba.

Bukti itu antara lain rekaman video dari berbagai angle (termasuk dari kamera di mobil Vettel), rekaman telemetri di mobil Vettel, dan analisa para pengamat F1 di televisi.

Sayang, semuanya ditolak stewards. Lima alat bukti itu, kata mereka, bukanlah hal baru karena sudah digunakan saat menghukum Vettel 5 detik sehingga harus serahkan gelar juara kepada Lewis Hamilton yang saat itu finish kedua.

Sementara dua bukti lainnya dianggap tidak ada kaitannya dengan kasus yang disidang.

FIA sebagai regulator balap F1 sependapat dengan stewards. Dengan begitu, Ferrari dan Vettel masih harus bersabar menunggu kemenangan perdana musim ini.

Vettel jelas kecewa dengan putusan itu. Buku peraturan lomba yang tebal itu ia anggap tak ada artinya, karena segala sesuatunya toh bergantung pada persepsi stewards.

"Bakar saja buku itu," katanya dengan ketus. (rnp)

TERKINI
MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060 PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka