F1 2019 : Penonton Bosan, Hamilton Salahkan Peraturan

Senin, 24/06/2019 22:40 WIB

mobilinanews (Perancis) - Lewis Hamilton sadar sesadarnya kalau dominasi Mercedes sepanjang 2019 telah menggerus minat penonton.

Karena itu ia sempat berharap dapat perlawanan dari Charles Leclrec (Ferrari) di GP Perancis, Minggu (23/6). Sayang, Si Leclrec-nya tak mampu.

Ia tak sependapat dengan ocehan di media sosial bahwa dominasinya yang begitu kuat saat ini yang jadi sebab penonton kecewa.

Ia justru menyalahkan peraturan yang disahkan FIA (Federasi Balap Mobil Internasional). Regulasi yang mereka susun harusnya membuka peluang semua tim memproduksi mobil yang kompetitif da setara satu sama lain.

Perangkat teknologinya tidak hanya bisa diwujudkan tim-tim papan atas, tapi juga tim di bawahnya.

"Jangan tunjuk jari ke pembalap. Dengan uang yang kami dapatkan dari balap ini kami tak bisa apa-apa soal peraturan, selain saran," ketusnya.

Pembalap dengan bayaran fantastis 40 juta poundsterling (atau setara Rp 720 miliar) per musim itu pun mengaku tak bosan meraih kemenangan karena itu menyangkut prestasi personal sekaligus kebanggaan untuk negerinya, Inggris.

"Selain itu kami ini pembalap profesional. Dibayar untuk menang."

Ia sebut seharusnya yang ditekan dan dikritik soal ini adalah mereka yang membuat regulasi di FIA.

"Saya tahu mereka sudah berusaha, tapi faktanya dalam beberapa tahun terakhir banyak keputusan buruk yang dimunculkan," imbuhnya.

Pekan lalu, katanya, ia dan Nico Hulkenberg (pembalap tim Renault), menghadiri rapat dengan FIA dan FOM (Formula One Management) untuk membicarakan soal regulasi untuk meningkatkan rivalitas balapan.

Ia sambut kedua lembaga itu untuk lebih banyak melibatkan saran pembalap untuk regulasi berikutnya.

"Tak ada untungnya saya terlibat soal itu. Tapi, jika ada yang bisa saya bantu untuk meningkatkan minat fans, saya akan lakukan." (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!