Kembangkan Kendaraan Listrik di Indonesia, Toyota Akan Investasikan 2 Miliar Dollar

Sabtu, 29/06/2019 12:17 WIB

mobilinanews (Osaka) - Toyota diberitakan akan menginvestasikan $ 2 miliar untuk pengembangan kendaraan listrik di Indonesia selama empat tahun ke depan, dikutip dari laporan Reuters (28/62019).

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Chief Executive Toyota Akio Toyoda menyebut, "Dari 2019 hingga 2023, kami akan meningkatkan investasi kami menjadi 28,3 triliun rupiah ($ 2 miliar)."

Indonesia sebagai salah satu ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara, memiliki cadangan bijih nikel laterit dalam jumlah besar.

Material ini sebagai bahan utama yang dibutuhkan dalam baterai lithium-ion yang menggerakkan Electric Vehicle (EV). 

Pemerintah RI percaya bahwa Indonesia dapat menjadi pemain regional utama dalam produksi baterai lithium dan negara telah berusaha untuk menarik investasi dari produsen mobil asing.

Toyota setuju untuk berinvestasi dengan Indonesia selama pertemuan di Osaka antara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Luhut Pandjaitain dan Chief Executive Toyota, Akio Toyoda.

"Karena pemerintah Indonesia sudah memiliki peta pengembangan kendaraan listrik, Toyota menganggap Indonesia sebagai tujuan investasi EV utama," kata Toyoda.

Investasi pabrikan mobil Jepang akan digulirkan secara bertahap, awalnya dimulai dengan pengembangan kendaraan hibrida di Indonesia.

Namun hingga berita ini diturunkan, tidak ada pengumuman tentang bagaimana Toyota akan mengimplementasikan rencana investasinya.

Ini bukan investasi besar yang pertama kalinya di Indonesia mengenai kendaraan listrik. Pada Desember 2018 lalu, Hyundai telah mengumumkan investasi otomotif senilai $ 880 juta di Tanah Air untuk mulai memproduksi EV secara lokal. 

Selain itu, Mitsubishi telah bekerjasama dengan pemerintah Indonesia untuk meneliti infrastruktur lokal yang dapat mengakomodasi kendaraan listrik. (anto)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo