F1 Austria 2019 : Verstappen P1 Tapi Terancam Penalti

Minggu, 30/06/2019 22:31 WIB

mobilinanews (Austria) - Di depan ribuan fans yang berseragam oranye, Max Verstappen (Red Bull) tampil sangat menawan. Ia keluarkan banyak aksi mendebarkan sepanjang balapan GP Austria, Minggu (30-6-2019).

Start dari front row, pembalap Belanda itu sempat melorot ke urutan 9. Dan, dari posisi itu ia terus berjuang dan satu per satu menyalip lawan dengan manuver yang bikin penonton tahan nafas.

Ia mampu lewati pembalap keren macam Sebastian Vettel, Lewis Hamilton, Valtteri Bottas, sampai akhirnya mendekati Charles Leclrec (Ferrari) yang memimpin balapan dari posisi pole position.

Tiga lap akhir bersama Leclrec itu adalah drama tersendiri. Leclrec tentu tak ingin menyerah begitu saja. Sementara Verstappen terus bergerak mencari celah menyalip. Celah sempit pun ia coba masuki.

Dari segi kecepatan, mobil Verstappen memang lebih cepat dari Leclrec saat itu. Hanya saja kelihatannya Verstappen tak sabar untuk merebut posisi terdepan.

Pada akhirnya, ia memang sukses menyalip Leclrec dengan cara memepet SF90. Ada benturan roda depan yang menyebabkan mobil Leclrec keluar dari racing line, dan itulah kesempatan Verstappen melaju hingga garis finish dengan posisi nomor satu.

Dalam tayangan ulang, sangat jelas Verstappen membelokkan kemudi ke arah kiri sehingga benturan terjadi.

Itu membuat pimpinan lomba akan menggelar rapat dengan memanggil kedua pembalap dan mengevaluasi kejadian lewat rekaman video.

Jika bersalah maka gelar juara Verstappen pasti dibatalkan. Bisa jadi ini akan jadi persoalan tersendiri.

Red Bull tentu akan bela pembalapnya, sebagaimana Ferrari lakukan saat kemenangan Vettel di Kanada dibatalkan.

Baik Verstappen maupun Leclrec punya versi masing-masing atas insiden itu. Intinya keduanya merasa melakukan hal yang benar.

Namun, tak ada yang bisa mereka lakukan kecuali menunggu rapat steward dan keputusannya.

Di podium, Verstappen dan Leclrec ditemani Bottas selaku finisher ketiga. Ia tentu juga ikut menunggu putusan stewards, karena perubahan posisi akan berarti tambahan poin baginya.

Poin yang berguna melawan Hamilton di klasemen sementara. (rnp)

 

 

TERKINI
Pembuktian Bersama Gresini Racing, Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024 Daihatsu Kumpul Sahabat Beri Apresiasi Erwan Erik, Setia Menggunakan Daihatsu Xenia Selama 12 Tahun Mitsubishi Fuso Hadirkan Part Depo ke-19 di Morowali, Pastikan Kesiapan Suku Cadang GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru