Siasati Penggantian Ban Slick Saat Balap

Sabtu, 01/08/2015 23:17 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) – Penggunaan ban tipe slick yang khusus digunakan di ajang balap motor, diperlukan sebuah siasat agar performa pebalap kala bertarung dapat tampil optimal.

“Di ajang balap motor selisih waktu satu detik saja sangatlah berarti. Selain performa mesin serta skill pebalap, pemilihan ban yang tepat memiliki peranan yang penting. Ban slick yang digunakan memiliki beberapa karakter sesuai peruntukan kondisi medan, medan kering dan panas maupun trek basah,” ujar Dodiyanto, Marketing Product Development PT. Gajah Tunggal Tbk (GT Radial).

Pada ajang Yamaha Cup Race seri 4 Tasikmalaya (26/7), IRC produk ban keluaran PT Gajah Tunggal peruntukan motor, digunakan 125 pebalap yang turut bertarung menjadi official tire event YCR 2015. Ragam pilihan bannya terdiri dari, Fasti 1 untuk karakter trek kering, Fasti 2 untuk trek kering berpasir, dan Fasti 3 untuk trek basah.

“Siasatnya untuk trek seperti sirkuit nBukit Peusar yang semi permanen kami menganjurkan penggunaan IRC Fasti 2. Namun cuaca sulit diprediksi, jadi jika sewaktu-waktu turun hujan, IRC Fasti 3 pasti akan kami rekomendasikan agar pebalap tetap aman memacu motor dengan grip ban yang tetap mencengkram di trek basah sekalipun,” papar Dodi lagi.

Ditekankan olehnya, kesigapan tim membaca kondisi cuaca mutlak diperlukan. Hal lain yang perlu disiasati yaitu tekanan angin pada ban. Perihal tekanan angin, felling pebalaplah yang menentukan karena tekanan udara dalam ban juga jadi salah satu penentu optimalnya prestasi para pebalap.

Bagi yang sering turun balap, jangan sampai salah pilih karakter dan tipe ban ya.

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas