F1 Jerman 2019: Hamilton Naik ke Posisi 9, Dapuk 2 Poin

Senin, 29/07/2019 17:40 WIB

mobilinanews (Jerman) - Ternyata masih ada sedikit sisa keberuntungan buat tim Mercedes.

Beberapa saat usai lomba terjadi pergeseran finisher 10 Besar. Lewis Hamilton yang tadinya finish ke-11 tanpa poin, naik ke P9 dengan tambahan 2 poin.

Keberuntungan Hamilton berasal dari kesialan dua pembalap tim Alfa Romeo, Kimi Raikkonen dan Antonio Giovinazzi.

Keduanya dipenalti 30 detik akibat pemasangan kopling menyalahi regulasi di mobilnya.

Otomatis dua pembalap di belakangnya naik ke atas, yakni Lewis hamilton dan Robert Kubica (Williams).

Menjadi finish di zona 10 Besar, Hamilton pun mendapat tambahan 2 poin. Keunggulannya kini naik dari 39 menjadi 41 angka di klasemen.

Tapi, itu baru sementara karena tim Alfa Romeo mengajukan banding atas hukuman stewards.

Namun, melihat persoalan teknis yang dimasalahkan, sepertinya stewards maupun FIA akan tetap pada keputusan.

Dikonfirmasi atas keberuntungan 2 poin itu Hamilton terkesan biasa saja. Ia mengaku masih marah kepada diri sendiri soal penampilan di GP Jerman, yang menurutnya ibarat main ular tangga.

Dan, sialnya, ia merasa selalu kena ular (jadi turun) sejak pertengahan lomba.

Ia melaju nyaman dan terdepan dalam 28 lap awal. Sama sekali tak terganggu percikan air dari mobil depan sebagaimana mengganggu para pembalap lainnya.

Petaka muncul saat timnya mengganti dari ban inding lintasan meski basah ke ban kering. Laju mobilnya geol-geol di lintasan yang licin dan sempat menabrak dinding lintasan.

Meski bisa melaju kembali, waktunya sudah jauh melorot.

"Itu balapan paling berat saya alami. Sangat mengecewakan meninggalkan lintasan seperti ini," katanya.

Ia tak ingin menyalahkan tim yang menerapkan strategi yang keliru. Menurutnya itu hanyalah efek domino dari serangkaian persoalan. 

"Kami tetap bersatu dalam tim, kalah atau menang. Ini hanyalah satu balapan dan masih ada beberapa di depan. Buang semua yang negatif. Yang terjadi hari ini hanya menegaskan bahwa betapa mudah membuat sebuah kesalahan." (rnp)

 

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo