Talkshow Mesin LCGC: Pilih Oli Sesuai Spesifikasi

Kamis, 08/08/2019 11:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Mobil-mobil kategori LCGC (Low Cost Green Car) menunjukkan pertumbuhan populasi yang cukup signifikan. 

Castrol Indonesia belum lama ini mengadakan talkshow di Jakarta pada Rabu (7/8/2019) tentang perawatan mesin mobil LCGC, dimana dalam hal pilih oli direkomendasikan agar sesuai spesifikasi. 

“Mesin tiga silinder tidak didesain untuk perjalanan jauh, jadi ini tantangan pemilik mobil untuk merawat kendaraan keseharian,” buka M. Wahab S, pengamat otomotif yang didaulat mengisi acara. 

Menurutnya mesin tiga silinder punya tenaga pas-pasan. Tapi di mobil baru terkini ada teknologi tambahan, misal ada shaft balancer. 

“Ada perbedaan signifikan, karena karakter mesinnya disesuaikan dengan regulasi pemerintah yang harus hemat bahan bakar dan ramah lingkungan,” tambahnya. 

Sehingga pengguna mobil LCGC musti pilih perlindungan yang pas, yang mampu melindungi keseluruhan. 

Fungsi oli sendiri adalah pelumas dan pendinginan mesin. Ada fungsi tambahan lainya, tergantung aditif. 

“Stop and Go, yang diperlukan Viskositas harus encer. Kalo Viskositas rendah makin encer, biasanya harga mahal. Makin rendah di angka bawah biasanya makin mahal,” sebutnya. 

“Tiga silinder identik lebih powerful di RPM bawah, tapi banyak yang bejek maksimal, ini buat jangka panjang enggak bagus,” saran Wahab. 

Menurutnya, pasti ada problem di suhu panas. Syarat bahan bakarnya pun harus minimal oktan Ron 92, tapi kenyataannya banyak yang pakai di bawah itu. 

“Mobil dengan kompresi tinggi, oktan harus tinggi. Yang terjadi Kalo oktan enggak sesuai, gejalanya ngelitik atau knocking, efeknya piston bisa ngelotok. Maka perlu pelumas yang mampu melindungi ini,” tegasnya. 

Kesimpulannya, Wahab menyarankan jenis Oli yang cocok buat LCGC yang pasti harus encer, di angka bawah, misal 5W – 30.

Dimana dulunya oli masih menganut single grade, sekarang sudah multigrade karena perkembangan teknologi dan kebutuhan, jadi suhu atas dan bawah ter-cover. 

“Pakai standar yang sudah ada: salah satunya ILSAC,” tutupnya. (anto) 
 

TERKINI
GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok Chery dan Revolusi Produk di Beijing Auto Show 2024, Ada TIGGO 9 PHEV! Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Kualitas dan Penjualan Ngejreng, GAC Aion Jadi Mobil Listrik Terbaik di Dunia