AXCR 2019: Tim Indonesia Siapkan Strategi Khusus Hadapi SS1

Minggu, 11/08/2019 08:50 WIB

mobilinanews (Thailand) - Indonesia Cross Country Rally Team dengan komposisi dua mobil balap yang digunakan Memen Harianto dan Wijaya Kusuma, dipastikan telah siap berlaga dalam AXCR 2019. Begitu pula dengan dua sepeda motor yang akan dikendarai oleh Rudy Poa dan Fathir Muchtar.

Seluruh kendaraan dari Indonesia Cross Country Rally Team (IXCR Team) sudah lolos scrut yang berlangsung di Grand Palazzo hotel - Pattaya, Thailand, Sabtu (10/8).

Aspek safety menjadi konsentrasi mengingat kejuaraan rally ini menyuguhkan total jarak tempuh mencapai 2.400 kilometer.

Selanjutnya, seluruh tim akan mengikuti briefing untuk balap di hari Minggu sejauh 502, 01 kilometer dengan titik start di Grand Palazzo hotel dan finish di Nakhonnayok.

Dari garis finish SS1, peserta harus menempuh jarak 117 kilometer untuk menuju hotel yang berada di Nakhonnayok – Thailand.

Persiapan tentunya telah dipastikan oleh seluruh tim, begitu pula dengan strategi yang akan dipersiapkan dalam melibas medan yang tergolong panjang. Rudy Poa sebagai tim manager IXCR Team mengatakan sistem navigasi dengan peta manual bagi pembalap motor merupakan hal baru, tetapi yang harus diperhatikan adalah mengukur kemampuan dari stamina tubuh.

“Dengan jarak yang cukup jauh, untuk balapan pada SS pertama saya berharap agar seluruh pembalap mengetahui pace. Menyiapkan tenaga dengan tidak memforsir sejak awal, hal ini juga saya lakukan karena harus mengukur batas diri," kata Rudy.

"Strategi ini juga diterapkan pada hampir seluruh peserta yang mengikuti balapan pada AXCR 2019. Paling tidak untuk SS pertama, mayoritas hanya mengeluarkan kemampuannya sebanyak 60 – 70 persen saja," sambungnya.

Strategi ini juga dipakai IXCR Team divisi mobil yang diisi Memen Harianto dengan navigator Rimhalsyah dan juga Wijaya Kusuma bersama Lody Natasha. Keduanya sebenarnya telah siap, tetapi Memen Harianto yang menggunakan mobil Jeep Custom untuk pertama kalinya berlaga di AXCR tentu membutuhkan adaptasi. Begitu Pula dengan Wijaya Kusuma yang baru pertama kali balapan pada tahun ini.

Dengan segala persiapan dan strategi, tentunya Indonesia Cross Country Rally Team semakin mantab untuk berlaga. Semoga saja merah putih bisa berkibar. (adr)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas