Yamaha Scorpio Z 2005, The Rotreng Jagakarsa

Jum'at, 07/08/2015 07:29 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Saat ini modifikasi gaya japstyle, café racer, street tracker, bobber, chopper dan lain sebagainya sedang digandrungi. Tapi, buat Topo Goedel Atmojo, builder Tauco Custom Motorcycle (TCMC) berkreasi yang berbeda, meski alirannya sama. Seperti pada Yamaha Scorpio Z yang beraliran brat style ini.

“Bosan sama modif yang ada sekarang, gue coba mencari dan mencoba hal baru. Modif itu gak harus mengikuti zaman. Kayak Scorpio Z ini yang gue sebut ala rotreng,” ungkap Topo, panggilan akrabnya di markasnya Jalan Kebagusan, Jaksel.
 
Menurut pria humoris ini, rotreng itu layaknya motor zaman perang dunia II alias BSA. Yakni dengan gaya sasis rigid dan springer. Seperti bagian peredam kejut depan pada umumnya pakai sok model teleskopik, tapi ini menganut spinger. Biar gak terlalu rigid banget, lengan ayun alias swing arm tetap menjejalkan monosok bawaan Yamaha Jupiter MX.

Untuk tapak, menggunakan ban yang agak gambot, yaitu pakai merek ban Swallow profilnya 4.00-18 dikeduanya. Sedangkan pelek custom ini lebar depan 3.00x18 dan belakang 3.50x18.

Sehingga penampilan atau paduan ban masih enak dipandang alias proporsional. Terlihat pada ukuran sepatbor custom depan dan belakang yang besar dengan material plat galvanis 0,8 mm.

“Biar tampilan makin old skul rotreng, ada penambahan beberapa komponen. Seperti, jok springer, setang custom agak baplang, tangki layaknya menggantung dirangka, dan tas kulit disamping kanan besutan tahun 2005. Sedang lampu-lampu menggunakan produk aftermarket dan knalpot produk Kwangen,” tutup pria yang kerap disapa Mbah Darmo ini.

Keren, mbah!   

Data Modifikasi
Konsep: Old School Rotreng
Ban Depan : Swallow 400/18
Ban Belakang : Swallow 400/18
Velg Dpn : 300 X 18
Velg Blkng : 350x 18
Knalpot : Kwangen Exhaust Specialist
Stang Setir : Ethana Performance
Jok : Ethana Performance
Shock Depan : Springer Ethana Performance
Monosok : Yamaha MX
Rangka : Ethana Performance
Bodi Full Set : Tauco Custom Motorcycle Plat Galvanis O,8 Mm
Tauco Custom Motorcycle (TCMC): 0812-88534865

TERKINI
Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya NETA Raih Penghargaan `Favourite Car Brand Launch` Untuk NETA V-II di PEVS 2024 MMKSI Relokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Lebih Lengkap dan Nyaman "King Umar" Pembalap Terbaik Indonesia di TCR Asia Series 2024 Round 1 Sepang Malaysia, Ini Sederet Prestasinya