Teknologi Robot Beri Manfaat Lebih Untuk Industri Otomotif Nasional

Sabtu, 17/08/2019 21:15 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pengamat otomotif Agus Thajajana menjelaskan bahwa teknologi robot bisa memberikan manfaat untuk perkembangan industri otomotif Indonesia.

Menurut Agus, teknologi robit sebenarnya sudah cukup familiar digunakan oleh beberapa pabrikan otomotif seperti Daihatsu, Toyota, dan Honda (mobil). Beberapa bagian yang sudah dikerjakan robot, antar lain pengecatan bodi mobil, pemasangan sealer kaca, pengelasan komponen bodi, pemasangan bagian mesin, dan sebagainya.

"Bila harus diproduksi lebih dari 500 unit mobil per hari, untuk menjamin kualitas pekerjaan yang sama, hanya bisa dikerjakan oleh robot," ujar Agus Thajajana yang juga menjadi komisaris di PT Inalum (Persero).

Tak hanya itu, keuntungan pemanfaatan teknologi robot bagi pabrikan otomotif di Tanah Air, antara lain seperti produktivitas bertambah, efisiensi sumber daya, peningkatann efisien proses produksi, meningkatkan daya saing, time to market produk lebih cepat, dan meningkatkan profit karena lebih banyak mobil yang masuk ke pasar.

Industri otomotif Indonesia merupakan salah satu industri strategis di Indonesia. Kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia 2018 mencapai 1,76 persen atau setara Rp 260,9 triliun. (adr)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!