Analisa Rio Sarwono : Honda Punya Kans Besar Kuasai Indianapolis

Minggu, 09/08/2015 17:45 WIB

mobilinanews (Indianapolis) – Hasil kualifikasi di mana duo Honda : Marc Marquez dan Dani Pedrosa menguasai pole position menjadi sinyal kuat bahwa dua pebalap Spanyol itu bakal menguasai podium. Tentu pada race day MotoGP Indianapolis, Amerika Serikat, Minggu siang waktu setempat atau Senin dini hari WIB.

Lintasan sepanjang 4,3 kilometer dengan lebar 16 meter di sirkuit Indianapolis Speedway memang menjadi makanan empuk bagi  motor dengan dapur pacu besar seperti yang dimiliki Honda.

Apalagi sirkuit dengan sistem anti clock wise (berlawanan dengan arah jarum jam) ini didominasi dengan lintasan lurus dan panjang.

Dengan karakter yang ada, sirkuit Indianapolis ini sangat mirip dengan sirkuit Sentul, Bogor yang lebarnya mencapai 15 meter dan panjang 3,9 km.

Belum lagi, Maruez memiliki catatan bagus di sini. Pebalap 22 tahun ini adalah langganan sekaligus langganan juara di Indianapolis. Dua musim terakhir selalu dikuasai Marquez. Maka itu tak pelak podium juara kali ini juga bakal menjadi milik Honda.

Valentino Rossi pun telah menyerah sebelum bertanding. Secara jujur pebalap Italia berusia 36 tahun ini mengakui sulit mengalahkan Honda di Indianapolis kali ini.

Yang patut disimak adalah siapa yang akan keluar sebagai juara pertama? Marquez atau Pedrosa? Tampaknya Marquez memiliki peluang lebih besar ketimbang Pedrosa.

Dan apakah Rossi dapat keluar sebagai runner up? Jika Lorenzo lebih kooperatif dan bersedia mendukung Rossi, boleh jadi Rossi memiliki peluang bisa naik podium.

Namun jika awal-awal laps Rossi malah sibuk dengan Lorenzo, justru akan membuang waktu dan tenaga. Jika itu terjadi maka pebalap-pebalap Yamaha paling banter hanya kebagian podium tiga.

Kita lihat saja dini hari nanti.

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik