Bos Honda: Lorenzo Hanya Butuh Keberanian

Kamis, 12/09/2019 20:19 WIB

mobilinanews (San Marino) - Jorge Lorenzo kembali mengaspal. Ia pastikan turun di GP San Marino, Sirkuit Misano, akhir pekan ini. Akan bagaimana prestasinya, sepertinya tak penting lagi,

Yang lebih penting adalah bagaimana nasibnya? Di musim pertamanya bersama Repsol Honda terbilang gatot alias gagal total. Jatuh mulu dan hancurkan beberapa motor. Finish pun ndak pernah di grup 10 Besar. Juga absen di 4 seri akibat cidera.

Ada rumor ia akan pindah ke Pramac Ducati atau tim satelit Petronas Yamaha. Bahkan ada spekulasi akan berakhir di Honda pada akhir musim 2019.

Tapi, itupun tak penting. Yang penting adalah bagaimana saat ini Honda melihat situasi juara dunia MotoGP 3 kali itu?

Team Principal Repsol Honda Alberto Puig menyebut problem Lorenzo bukanlah seputar masalah teknis motor seperti selama ini jadi alasan. Masalah datang dari sifat Lorenzo sendiri.

"Ia hanya butuh keberanian. Ia harus sadar olahraga ini penuh resiko. Bisa mencelakakan diri sendiri. Ia harus siap ambil resiko itu. Ibarat petinju, ia harus punya keberanuan naik ke atas ring," sebut Puig, mantan pembalap GP500 seangkatan Mick Doohan ini.

Puig menambahkan, sejauh ini pihaknya tidak mengutak-atik kontrak Lorenzo. Ia kesampingkan semua isu dan menyebut Lorenzo masih team mate Marc Marquez tahun depan.

"Kami sama sekali tak sibuk mencari penggantinya. Bila Lorenzo sudah menetapkan akan pergi, barulah kami cari pembalap pengganti."

Sekarang bola di tangan Lorenzo. Menerima klaim Puig kalau ia hanya kurang berani atau tetap pada keluhannya soal spek RC213V yang tak sesuai dengan riding style-nya.

Belakangan kabar lain berhembus. Jika Lorenzo out pada akhir 2019 ini maka mantan jawara Moto2 Johann Zarco masuk sebagai pengganti. Zarco kini berstatus bebas karena tak perpanjang kontraknya di tim KTM.

Bila Lorenzo berlanjut, bisa jadi Zarco akan berperan sebagai tester Repsol Honda menggantikan Stefan Bradl. (rnp)

 

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan