F1 Rusia 2019 : Verstappen dan Driver Honda Kena Penalti, Taktik Masuk Jepang

Kamis, 26/09/2019 21:18 WIB

mobilinanews (Rusia) - Para pembalap tim Red Bull dan Toro Rosso sudah terkena pinalti sebelum seri GP Rusia berlangsung pada Minggu, 29 September 2019.

Gara-garanya Honda selaku pemasok mesin ingin coba spesifikasi mesin berbeda. Lepas Rusia, jaya di Jepang. Kira-kira begitu strategi Honda.

Pembalap Red Bull, Max Verstappen dan Alex Albon, akan mundur lima posisi dari urutan yang mereka dapatkan saat kualifikasi nanti.

Begitu pula driver Toro Rosso, Pierre Gasly, ikut mundur 5 posisi.

Yang lebih apes adalah driver Toro Rosso lainnya, Dani Kyvat, yang notabene adalah local hero.

Pembalap pujaan Rusia itu akan start dari urutan belakang lantaran mesin yang ia gunakan menambahkan elemen berbeda dengan Gasly.

Pinalti itu adalah konsekuensi dari keputusan Honda untuk menjajal power unit Spec 4 ICE mulai GP Rusia hingga seri penutup musim 2019.

Dengan berkorban di Rusia, Honda membidik performa seapiknya di seri setelah Rusia, yakni GP Jepang di Sirkuit Suzuka yang merupakan home race Honda.

Di trek ini mesin baru tersebut diperkirakan mampu mengundang decak kagum penonton tuan rumah. Honda ingin jadi tim yang diperhitungkan di dalam kandang sendiri.

Verstappen sebagai driver utama mengaku tak masalah dengan kebijakan itu. Terlebih karena Sirkuit Sochi sejatinya bukanlah trek favorit Red Bull.

Tanpa podium sejak Rusia menghelat F1 sejak 2014. Sebaliknya, Verstappen justru tertarik mencoba tantangan dan kepuasan tersendiri. Ia merasa aksi menyalip sangat memungkinkan pada trek ini.

"Tahun lalu kami start dari belakang, tapi overtaking bukan problem berat disiini. Jadi mundur 5 posisi tidak akan beri banyak perbedaan," kata Verstappen yang musim 2018 lalu start dari grid 19 tapi sukses finish di urutan 5. (rnp)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060