Kaleidoskop 2019 : Eksotisme Sirkuit Suwarnadwipa Nusantara Muara Bungo, Jambi

Jum'at, 03/01/2020 03:06 WIB

mobilinanews (Jambi) - Tuntas proses pembangunan Sirkuit Suwarnadwipa Nusantara yang terletak di Muara Bungo, Jambi. Tinggal bangunan pendukung seperti tempat tinggal crew service, atap tribun dan kantor yang sedang tahap penyelesaian.

Area sirkuit seluas 20 hektare di kawasan perumahan Bungo Green City ini pada bulan Oktober 2019 siap menjadi tuan rumah untuk berlaganya para perally dan offroader Tanah Air.

Tak tanggung-tanggung, 2 putaran Kejurnas Sprint Rally dan Speed Offroad diselenggarakan hanya dengan jeda 1 minggu di Muara Bungo. 

"Pada 19-20 Oktober 2019 dilangsungkan Kejurnas Sprint Rally putaran 3 dan Kejurnas Speed Offroad putaran 2, dilanjutkan dengan Kejurnas Sprint Rally putaran 4 dan Kejurnas Speed Offroad putaran 3 pada 26-27 Oktober 2019," ungkap Memen Harianto dari PT Suwarnadwipa Nusantara Circuit selaku pengelola.

"Sirkuit dengan panjang lintasan 7,4 km ini boleh dibilang merupakan sirkuit tanah terpanjang yang pernah ada. Desain lintasan panjang ini memiliki daya tarik bagi mereka yang menyukai balapan di atas tanah," lanjutnya.

"Ada speed trap di beberapa sektor, 14 titik jumping dan bentuk  tikungan beragam yang menuntut kemampuan pembalap agar memperoleh catatan waktu terbaik," beber Memen, yang juga seorang offroder pembesut Jeep.

Persisnya lebar 1 lintasan sekitar 6 meter dengan lebar tikungan beragam dari 8 hingga 12 meter. Tanggul pengaman cukup tinggi terlihat di beberapa tikungan rawan. Bahkan sepertinya ada juga bentuk badan jalan yang sengaja dibuat menyempit.

Tentu ini dengan pertimbangan agar sirkuit ini memiliki ciri khas dan dapat memberikan kepuasan kepada para pembalap. 

Nah, seperti apa balapan yang akan terjadi nanti di sirkuit baru ini masih menjadi misteri sampai nanti dikibarkannya bendera start.

Penasaran adalah kata yang tepat bagi para pemerhati speed offroad dan sprint rally di Tanah Air.

Sebab, hadir di sana nanti tidak hanya membuka misteri, tetapi juga menyaksikan digunakannya sirkuit ini pertama kalinya untuk kejuaraan tingkat nasional. (bangve) 


 

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo