Test Drive New Yaris : Transmisi Otomatisnya Semakin Mengasyikan

Sabtu, 05/10/2019 23:34 WIB

mobilinanews (Jakarta) – New Toyota Yaris dibekali mesin tangguh dan ragam fitur safety yang membuat berkendara semakin aman.

Yaris generasi ketiga ini  mempertahankan mesin 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc yang didukung teknologi Dual VVT-i dan telah terbukti pada generasi sebelumnya.

Mesin ini terbukti memberikan efisiensi terhadap penggunaan bahan bakar, baik yang menggunakan transmisi manual maupun otomatis.

Yang baru dari New Yaris ini adalah kehadiran paddle shift di balik lingkar kemudi anyar, memberikan sensasi Fun to Drive dan excitement. 

Apalagi ditambah dengan mode berkendara ECO dan Sport mampu menghadirkan sensasi yang berbeda.

Untuk kebutuhan berkendara harian, mode berkendara ECO lebih cocok digunakan. Pengoperasian gigi transmisi otomatisnya mampu melajukan mobil dalam kecepatan yang optimal.

Penyempurnaan aspek penggeraknya ini membuat perpindahan gigi transmisinya berlangsung ‘smooth’ dan minim hentakan.

Namun, bukan berarti New Yaris tidak bisa diajak berakselerasi spontan, ketika kami membejek gas seketika, laju medium hatchback ini mampu meladeni putaran mesin yang naik secara mendadak tanpa tertahan.

Pada test drive New Toyota Yaris kali ini, yang membuat transmisi otomatisnya semakin mengasyikkan adalah pedal paddle shift yang posisinya persis terletak di balik lingkar kemudinya.

Cukup dengan memindahkan posisi tuas transmisi ke mode berkendara Sport, maka sensasi berkendara dengan putaran mesin lebih tinggi akan terasa lebih agresif.
 
Ada dua pedal yang dengan mudah dioperasikan dengan kedua tangan dengan cara ditarik menggunakan satu jari saja, sembari menggenggam setir.  

Pedal bagian kiri (-) untuk menurunkan gigi transmisi sementara pada bagian kanan (+) untuk menaikkan gigi transmisi mulai posisi 1 hingga 5, dapat dipantau pada panel instrumen cluster.

Berakselerasi dengan putaran mesin maksimal pun terasa mengasyikkan.

Semakin memudahkan, jika mengalami kondisi deselarasi atau laju mobil melambat, transmisi menyesuaikan ke gigi rendah secara otomatis tanpa harus menarik pedal bagian kiri (-). 

Sensasi berkendara ala sportcar pun dapat dinikmati dengan mudah. (anto)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Menyelenggarakan Diskusi Inspiratif yang Membahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Oleh Riki Ibrahim, Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi