MotoGP Brno : Kekuatan 4 Pebalap Utama Diunggulkan Menang

Sabtu, 15/08/2015 06:15 WIB

mobilinanews (MotoGP) – Seri ke-11 MotoGP di sirkuit Brno sedianya baru dapat kita saksikan besok Minggu (16/8)> Namun ada baiknya jika peta persaingan di sirkuit sepanjang 5,4 km dibedah mulai sekarang.

Balapan MotoGP Brno akan berlangsung 22 lap, di mana para pembalap harus menyelesaikan jarak tempuh sejauh 118,9 km jika ingin menyelesaikan lomba hingga garis finish berkibar. Sirkuit Brno yang telah berdiri sejak tahu 1930 memiliki 6 tikungan kiri dan 8 tikungan kanan, dengan lebar trek 15 meter serta trek panjang lurus terpanjang 636 meter.

Pada tahun 2014 lalu, Dani Pedrosa (Repsol Honda Team) berhasil menjadi jawara di sini, dengan catatan waktu 42 menit 47,800 detik dan kecepatan rata-rata 166,6 km/jam. Di posisi kedua Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha MotoGP) yang terpaut hanya 0,41 detik (42 menit 48,210 detik) dengan kecepatan rata-rata yang sama, 166,6 km/jam.

Di podium ketiga ada The Doctor Valentino Rossi yang membukukan waktu 42 menit 53,059 detik dan kecepatan rata-rata 166,3 km/jam.

Jika melongok dari catatan reputasi para pebalap, Valentino Rossi memiliki rekor paling mentereng di sirkuit Brno. Rossi tercatat berhasil meraih 5 kemenangan dengan 3 kali posisi start terdepan (pole). Di belakangnya ada Dani Pedrosa dan Marc Marquez yang masing-masing dua kali juara di sini.

Jorge Lorenzo yang saat ini berada di posisi kedua klasemen sementara (186), terpaut 9 poin dari rekan setimnya Valentino Rossi di puncak klasemen (195), punya motivasi kuat untuk mengakhiri puasa posisi podium di Brno. Indikasinya, Lorenzo menjadi yang tercepat pada sesi pertama latihan bebas, Jumat (14/8).

“Kami memulai pagi ini (sesi latihan bebas 1) dengan sangat baik. Meski menghadapi cuaca yang sangat panas, kami mampu menjaga performa konsisten di depan para rival. Saya juga sudah menguji seluruh tipe ban yang ada dan beberapa model setting-an motor, agar dapat mendapat arah yang benar besok hari,” kata Lorenzo.

Rivalnya asal Honda, Marc Marquez pun mengakui ritme kecepatan Lorenzo selama sesi kualifikasi. Sehingga diperkirakan, 4 pebalap utama yakni Rossi, Lorenzo, Marquez dan Pedrosa sebagai juara bertahan diunggulkan untuk berjaya di Brno.

 

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok