Test Drive All New Honda Brio: Suspensi Ideal Stabilitas Maksimal

Rabu, 09/10/2019 21:25 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Kami berkesempatan mencoba All New Honda Brio Satya tipe E bertransmis otomatis CVT (Continously Variable Transmission).

Small hatchback berkelir Carnival Yellow ini punya platform yang telah disempurnakan dari generasi sebelumnya.

Sejumlah penyempurnaan utamanya di sektor sasis dan kaki-kaki membuat All New Honda Brio punya kinerja suspensi ideal yang menghasilkan stabilitas maksimal.

Design engineering Honda telah meningkatkan stabilitas dan kenyamanan berkendara dengan melakukan beberapa penyempurnaan.

Diantaranya menggeser titik pusat gravitasi ke posisi yang lebih sentral untuk lebih menyeimbangkan bobot antara bagian depan dan belakang kendaraan.

Lalu, mengubah komponen untuk memperpanjang wheelbase atau jarak sumbu rodanya. Pengaturan baru untuk suspensi depan Macpherson Strut dan suspensi belakang H-Shaped Torsion Beam dilakukan guna mendukung berat kendaraan yang meningkat

Kemudian sejumlah racikan baru diterapkan, seperti pengaturan baru untuk sistem kemudi EPS dan fungsi ABS dari sistem rem di semua grade.

New Brio juga menggunakan pegas stabilizer dengan ukuran yang baru dan meningkatkan tekanan ban belakang. Finalnya, menggunakan STRG Map yang baru untuk handling lebih presisi.

Hasilnya, kenyamanan maksimal diperoleh dalam berkendara. Kami menguji New Brio ini melahap jalanan tidak rata di seputaran Jakarta.

Terasa sekali peredaman yang terbilang lembut dengan bantingan suspensi yang pas. Tidak terlalu keras namun juga tidak terlalu lembut.

Kami pun mengujinya dengan kapasitas penumpang yang bervariasi, mulai dari berkendara sendiri, berdua hingga kapasitas maksimal lima penumpang dewasa.

Terasa kinerja suspensi mumpuni, mampu meredam guncangan dengan sempurna. Hasil yang terbilang ideal untuk sebuah small hatchback yang diposisikan sebagai mobil ‘murah’ di kelas LCGC (Low Cost Green Car).

Kesimpulannya, All New Honda Brio cocok dijadikan mitra berkendara kaum urban yang membutuhkan kepraktisan mengemudi dengan daya jelajah tinggi. (anto)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060