Test Drive New Daihatsu Sigra: Caranya Pas, Tanjakan Enteng Dilibas

Sabtu, 12/10/2019 20:01 WIB

mobilinanews (Bandung) – Atas undangan PT Astra Daihatsu Motor, Mobilinanews berkesempatan untuk menguji New Daihatsu Sigra menuju kawasan Bandung Utara, Jawa Barat (10-11/10/2019). 

Sebanyak 10 (sepuluh) unit New Daihatsu Sigra 1.2 tipe R varian Deluxe bertransmisi otomatis dan manual diuji rekan-rekan media. 

Rute dimulai dari Stasiun Bandung di daerah Pasir Kaliki menuju kawasan wisata Orchard Forest di Cikole, Lembang yang berjarak sekitar 20 KM dari pusat kota Bandung.

Rute menuju lokasi banyak ditemui rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya. Semakin menantang, karena beberapa trek jalan yang dilalui cukup berliku dan menanjak agak terjal.

New Daihatsu Sigra yang diposisikan sebagai mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang ini kami uji kehandalannya di tanjakan.

Di dalam kabin small MPV berpenggerak roda depan ini masing-masing dimuati empat orang dewasa dengan beberapa muatan barang koper memenuhi bagasinya. 

New Daihatsu Sigra yang kami gunakan ini bertransmisi otomatis, sehingga butuh cara yang pas agar tanjakan enteng dilibas.

Jika di kontur jalanan datar, posisi gigi otomatisnya ada di D, maka khusus jalanan menanjak ini kami posisikan di gigi rendah 2.

Tentunya, diperlukan ancang-ancang menekan pedal gas agar tercapai putaran mesin yang optimal sebelum melahap jalan tanjakan.

Dengan segenap muatan di kabin, rute jalan berkelok dan menanjak tadi mampu dilalui New Sigra tanpa hambatan berarti. 

Keluaran tenaganya terbilang cukup, tidak ada gejala tertahan seperti mesin berkapasitas kecil konvensional pada umumnya. 

Begitu juga transmisi otomatisnya yang melajukan mobil dengan `smooth` tanpa jeda dan sanggup melayani putaran mesin ketika menanjak.

Meski banyak kalangan yang menilai Daihatsu Sigra hanya cocok di jalanan perkotaan yang umumnya datar, kami membuktikannya sanggup meladeni rute jalan perbukitan. 

Tentunya dengan cara mengemudi yang pas, mengenal lebih dalam karakter mobil dan perlu dibiasakan. (anto)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo