Test Drive New Daihatsu Sigra: Bandung - Lembang PP. 15 KM Per Liter

Senin, 14/10/2019 18:01 WIB

mobilinanews (Bandung) – Atas undangan PT Astra Daihatsu Motor, Mobilinanews berkesempatan untuk menguji New Daihatsu Sigra menuju kawasan Bandung Utara, Jawa Barat (10-11/10/2019). 

Sebanyak 10 (sepuluh) unit New Daihatsu Sigra 1.2 tipe R varian Deluxe bertransmisi otomatis dan manual diuji rekan-rekan media. 

Di dalam kabin small MPV berpenggerak roda depan ini masing-masing dimuati empat orang dewasa dengan beberapa muatan barang koper memenuhi bagasinya. 

Posisi pendingin udara atau AC selalu hidup ketika mobil digunakan. Kondisi berkendara pun layaknya mengemudi sehari-hari di kawasan perkotaan dan sub urban.

Kombinasi jalanan kota yang datar, ditambah rute menanjak menuju kawasan Lembang dengan situasi jalanan yang terbilang tidak terlalu macet untuk lalu lintas kota Bandung. 

Karena pengujian dilakukan di hari kerja, Kamis dan Jumat. Bukan di akhir pekan yang biasanya lebih padat pengguna jalan di Kota Bandung.

Meski tidak menggunakan alat ukur tambahan untuk menghitung konsumsi BBM-nya, New Daihatsu Sigra bertransmisi otomatis yang kami gunakan ini mencatatkan angka 15 KM per liter untuk rute Bandung – Lembang PP. (pergi pulang).  

Angka konsumsi ini dihasilkan lewat pengukuran yang tercantum pada MID (Multi Instrument Display) bawaan New Sigra. Rute yang ditempuh total berjarak 65 KM selama dua hari. 

Hari pertama, keberangkatan dimulai dari Stasiun Bandung di daerah Pasir Kaliki, lanjut menuju Resto Alas Daun di daerah Cihapit, lalu menuju Orchid Forest di kawasan Cikole, Lembang. Setelahnya, berakhir di Grand Mercure Hotel di kawasan Setiabudi.

Kemudian di hari kedua, dari Setiabudi menuju kuliner lontong Kari di Kebon Karet, dilanjutkan ke Mal Paskal 123 di daerah Pasir Kaliki untuk menghadiri pembukaan Daihatsu Urban Fest, setelahnya diakhiri di Stasiun Bandung kembali, masih di daerah Pasir Kaliki. 

Untuk rute jalan-jalan santai seperti ini, New Sigra masih terbilang sangat irit. Tentunya kebiasaan dan gaya mengemudi juga menentukan pencapaian konsumsi bahan bakar. (anto)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Menyelenggarakan Diskusi Inspiratif yang Membahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Oleh Riki Ibrahim, Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi