Daihatsu: Model MPV Dapat Penyegaran Setelah Tiga Tahun

Selasa, 15/10/2019 23:54 WIB

mobilinanews (Bandung) – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengadakan kegiatan media test drive New Daihatsu Sigra yang diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat (10-11/10/2019).

Kesempatan ini sekaligus menjadi sesi media gathering, dimana PT ADM mengupas tuntas mengenai proses R&D-nya di Indonesia.

Termasuk proses pengembangan Daihatsu Sigra sejak 2016 sampai dengan diluncurkannya model minor change atau penyegaran di September 2019 lalu.

“Minor change beda-beda tiap mobil, kalau buat mobil komersial tidak penting,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM yang turut memberikan pemaparan. 

“Contoh di komersial, teman kita logo S (Suzuki Carry) mereka baru ganti model setelah 30 tahun, kampanyenya sudah terbukti,” sebut Amel, sapaannya. 

Menurutnya, di segmen komersial harus ada pembuktian dulu (proven), secara durability-nya mobil itu irit, kuat angkut barang banyak. “Mereka enggak butuh facelift,” sahutnya.

“Tetapi yang paling nuntut berdasarkan survey adalah mobil SUV. Customer SUV biasanya membeli karena styling, agak berbeda juga dengan customer MPV, masing-masing karakter mobil beda-beda,” ungkap Amel.

“Saya challenge tim R&D, kalau customer SUV maunya cepat, begitu ada penyegaran pasti jualannya naik. Enggak ada penyegaran, turun lagi,” sebutnya.

Khusus MPV, menurutnya agak moderat, karena customer-nya keluarga. “Sebagai orang marketing kami minta sampai ada standarnya,” tambah Amel.

Wanita enerjik ini menyebut, khusus MPV setelah tiga tahun baru ada facelift. Contohnya Sigra yang meluncur tahun 2016, baru ada penyegaran di tahun 2019 ini. 

“Yang lain juga sekitar tiga tahun di-refresh. Kalo FMC (Full Model Change) maunya seperti apa, tergantung dari masing-masing customer dan tipe mobilnya, tapi rata-rata 7-8 tahun,” tutupnya. 

Wah, ternyata penyegaran desain jenis mobil tertentu, bergantung karakter customer-nya. (anto)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas