F1 2019 USA : Babak Lanjutan Pertikaian Hamilton - Verstappen, Kali Ini Soal Antrian di Texas

Minggu, 03/11/2019 10:08 WIB

mobilinanews (Texas) - Silang pendapat Leewis hamilton dan Max Verstappen di GP Meksiko lalu berlanjut ke GP AS di Sirkuit Austin, Texas. Saking kesalnya, Verstappen memaki kasar Hamilton lewat radio.

Sumpah serapah Verstappen muncul di phase Q2 sesi kualifikasi Sabtu (2/11) sore waktu AS atau dinihari WIB. Saat itu semua pembalap sedang berancang-ancang (out lap) melakukan time attacking mendapatkan  laptime terbaik.

"Sema sedang melambatkan mobil. Di belakang saya sepertinya ada Vette (Sebastian)l, mungkin juga Leclerc (Charles), dan di depan saya ada Danii (Kvyat). Tiba-tiba ia lewat begitu saja seolah tak ada orang di sana. Ia tak peduli. Oke, kalau ia tak peduli, saya juga tak peduli," cerita Verstappen.

Maka ia pun mengejar mobil Hamilton untuk ambil alih posisinya. Ternyata, Hamilton tak beri jalan dengan bermanuver ke kiri sembari menyalip Kvyat dan menutup laju Verstappen. Otomatis Verstappen ngerem dan mobilnya ke luar lintasan guna hindari tubrukan.

"Lewis fu**ed, sialan! Ia melecehkan kita semua. Itu masalahnya yang sialan," maki Verstappen lewat radio kepada timnya.

Usai kualifikasi Verstappen masih menumpahkan kekesalannya. Menurutnya Hamilton sama sekali tak punya respek terhadap yang lain.

Kvyat sendiri merasa heran kenapa kedua seniornya sudah tarik-tarikan saat outlap, yang menrutnya konyol dan merugikan pihak lain.

"Pemicunya Hamilton. Mungkin Q2 tak penting buatnya karena sudah pasti masuk Q3. Lain dengan saya, ini sangat penting," kata Kvyat yang akhirnya gagal ke Q3.

Entah terpengaruh insiden di Q2 atau tidak, faktanya Hamilton tampak lemah saat tarung di Q3 sekaligus perebutan posisi start. Rekan setimnya, Valtteri Bottas, tampil sebagai pole sitter. Sedangkan vettel dan Verstappen masuk 3 Besar. Hamilton sendiri akan balapan dari posisi ke-5.

"Tak ada yang salah dengan mobil. Saya hanya tak membawanya ke baris depan. Ini semua salah saya.  Saya akan perbaiki saat race," ucap pembalap utama Mercedes itu.

Ini posisi start terburuk Hamilton di Austin sejak 2013. Tapi, tak perlu gundah, karena ia hanya perlu finish P8 di sini untuk memastikan gelar dunia 2019. Itu kalau Bottas jadi juara. (rnp)

HASIL Q3 GP AS:

1. Valtteri Bottas Mercedes 1:32.029. 2. Sebastian Vettel Ferrari +0.01. 3. Max Verstappen Red Bull +0.06. 4. Charles Leclerc Ferrari +0.108. 5. Lewis Hamilton Mercedes +0.292. 6. Alex Albon Mercedes +0.51. 7. Carlos Sainz McLaren +0.818. 8. Lando Norris McLaren +1.146. 9. Daniel Ricciardo Renault +1.459. 10. Pierre Gasly Toro Rosso +1.572

 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060