Fiat dan Peugeot Resmi Bergabung, Membawahi Banyak Brand

Minggu, 03/11/2019 20:35 WIB

mobilinanews - Dua pabrikan otomotif Fiat Chrysler dan Peugeot resmi bergabung dengan kepemilikan saham masing-masing 50 persen. Merger dua brand raksasa ini diprediksi akan memberikan warna baru bagi industri otomotif global.

Dilansir Reuters, Kamis, kedua perusahaan sepakat menanamkan dana 50 miliar dolar AS untuk perusahaan yang dipusatkan di Belanda, sementara sahamnya akan didaftarkan di Paris, Milan dan New York.

Fiat-Peugeot menjadi grup otomotif keempat terbesar setelah Volkswagen (Audi, Ducati, Bentley, Bugatti, Scania, Porsche), Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, dan Toyota.

Bos Peugeot Carlos Tavares akan menjabat sebagai CEO sedangkan pimpinan Fiat John Elkann akan menduduki posisi ketua perusahaan (chairman).

Melalui merger, Fiat mendapatkan akses untuk menggunakan platform kendaraan Peugeot sekaligus membantu perusahaan Italia-Amerika itu memenuhi aturan emisi yang ketat di Eropa.

Sedangkan Peugeot yang selama ini fokus di Eropa sebagai pasar utama, mendapatkan akses pasar Amerika melalui jaringan dan produk Fiat.

Penggabungan dua perusahaan juga akan menaungi berbagai merek otomotif antara lain Fiat dan Peugeot antara lain Jeep, Dodge, Ram, Chrysler, Alfa Romeo, Maserati, DS, Opel dan Vauxhall. (adr)

TERKINI
Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali