Luigi Dalli`gna, Hengkang Dari Ducati ke KTM?

Kamis, 14/11/2019 12:31 WIB

mobilinanews (Italia) - Didukung Red Bull yang royal `membuang` uangnya di kancah balap dunia, KTM adalah tim ambisius di gelanggang MotoGP.

Benarkah mereka akan membajak sang guru Luigi `Gigi` Dall`Igna dari Ducati?

Itu rumor yang sedang panas dan lebih panas dari bursa pembalap. Maklum, Gigi adalah desainer pengembangan Ducati sejak dibajak dari Aprilia pada 2013.

Menjabat General Manager Ducati Corse, ia adalah otak produksi Desmosedici GP13 sampai pada GP20 yang tengah dalam proses uji coba.

Di bawah kepemimpinan Gigi, Ducati merajalela di kejuaraan dunia Superbike dan di MotoGP mencetak 18 kemenangan.

Tiga tahun berturut Ducati menjadi penantang serius Honda dalam perebutan gelar MotoGP, dengan hasil tiga kali berturut Andrea Dovizioso menjadi runner up klasemen akhir. 

Minggu (17-11-2019) ini  Ducati masih berjibaku dengan Honda memperebutkan titel Kejuaraan Tim 2019 dengan situasi unggul 2 poin atas lawannya.

"Meski bukan trofi utama, tapi ini menjadi bukti pembalap dan mekanik Anda berada pada level atas. Kami akan fight memperebutkannya."

Sukses membangun Desmosedici, wajar kalau Gigi menjadi incaran tim pesaing, salah satunya adalah KTM yang paling santer.

Buat KTM, dana riset dan pengembangan tidak ada masalah. Terlebih karena pabrikan top Eropa ini seolah sehidup semati dengan Red Bull, membangun kolaborasi sesama perusahaan Austria.

Red Bull sendiri adalah sponsor besar yang terlibat hampir di semua arena balap dunia.

Isu ini menjadi liar karena Gigi tidak tegas membantah atau membenarkannya. Jawabannya sangat diplomatis.

"Saat ini saya benar-benar happy dengan situasi di Ducati. Nyaman dengan orang-orangnya. Jadi, kenapa harus berubah?" katanya.

Bicara kondisi saat ini, tentu sangat bisa berubah pada saat nanti dengan berbagai sebab. Dan, itu lumrah terjadi dalam dunia bajak-membajak para profesional.

Apalagi pernyataan Gigi berikutnya memberi kesan kontraknya di Ducati masih bisa digoyang.

"Saya ini hanyalah seorang pekerja di Ducati. Tak punya ikatan kontrak pada term waktu tertentu sebagaimana pembalap," akunya.

Nah, apakah statement itu berarti lampu hijau buat KTM? Waktu yang akan jadi buktinya. (rnp)

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!