Market Share Sampai Akhir 2019 Turun, Honda Tetap Optimis di 2020

Rabu, 04/12/2019 21:48 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Belum stabilnya kondisi pasar otomotif nasional secara keseluruhan berimbas ke hampir semua merek, salah satunya Honda.

Market share sampai akhir tahun 2019 ini diakui mengalami penurunan penjualan, namun Honda menyatakan tetap optimis di tahun 2020.

“Kita harus positif pertumbuhan ekonomi di atas 5%, kami optimis di tahun depan,” jelas Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM di sela seri balapan BSD City GP pada Minggu (1/12/2019).

Periode Januari hingga Oktober 2019 disebutnya turun 8,8 %, tetapi market nasional juga turun 10,3%. “Jadi kami naik, turunnya kami lebih rendah dari market,” ujarnya.

Billy juga optimis target penjualan retail sebanyak 150.000 unit sampai akhir tahun 2019 bisa tercapai. “Bulan ini lebih bagus sedikit dibanding bulan kemarin,” sahutnya. 

Faktor program akhir tahun disebutnya menjadi salah satu faktor yang membuat peningkatan. “Bulan lalu retail tembus 13.000 unit, satu bulan lagi sampai 149.000 unit sih, masuk,” optimis Billy.

“Masih On Track, kami engga bicara soal diskon, (pastinya) ada program penjualan khusus,” tegasnya.

Khusus penjualan Wholesales (dari pabrik ke dealer), pihaknya akan melihat kondisi stok setiap dealer supaya kondisinya sehat.

“Sekarang bagus, 2nd half July bagus, kami juga atur demand-nya, engga boleh terlalu banyak engga boleh terlalu rendah,” ujarnya.

Sementara untuk program penjualan dan aftersales diakuinya juga meningkat, karena customer sudah smart karena pihaknya kini fokus ke aftersales. 

“Kita ikuti perkembangan pasar mana yang harus dipenetrasi, kami fokus di outisde Jawa karena cepat grow-nya, semua total di outside Jawa,” tutupnya. (anto)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas