Pajak LCGC Naik, Honda Tetap Pede Andalkan New Brio

Jum'at, 06/12/2019 14:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Belum stabilnya kondisi pasar otomotif nasional secara keseluruhan berimbas ke hampir semua merek, salah satunya Honda.

Market share sampai akhir tahun 2019 ini diakui mengalami penurunan penjualan, namun Honda menyatakan tetap optimis di tahun 2020.

“Kita harus positif pertumbuhan ekonomi di atas 5%, kami optimis di tahun depan,” jelas Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM di sela seri balapan BSD City GP pada Minggu (1/12/2019).

Billy menyebut New Brio masih jadi kontributor penjualan terbesar. ”Sumbangsih Brio ke kami 46% untuk Satya dan 10% untuk Brio RS, bulan lalu 6.000 unit lebih (terjual),” ujarnya.

Menurutnya, pajak LCGC yang naik 3% dianggap masih menarik dan Honda tetap pede alias percaya diri andalkan New Brio. Diharapkan kontribusinya tetap di atas 21%. 

“Saat ini LCGC 21% secara nasional, soalnya first time buyer masih banyak, orang dari motor mau naik kelas beli mobil masih banyak,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Billy menyebut Brio Satya sebanyak 40-50% dibeli first time buyer. Lalu sekitar 30% yang melakukan pembelian ulang dari model Honda yang pertama ke model Honda lain.

“LCGC pilihannya banyak, enggak ada Datsun persaingan jadi bagus, kami bisa ambil kesempatan disana. Pilihan jadi makin dikit,” ujarnya. 

New Brio sendiri, sudah sebanyak 8.000 unit dalam setahun ekspor Vietnam dan Filipina dengan spesifikasi tiap negara beda-beda. 

“Khusus Filipina setir kiri, kami buat di Karawang. Sejumlah negara berminat impor Brio karena kompetitif, mereka propose ke kami untuk ekspor. Kualitas bagus dan harga kompetitif,” ungkap Billy. 

Menurutnya saat ini masih ekspor ke dua negara tersebut, tahun depan baru akan penjajakan negara lain lagi. “Semakin kompetitif akan semakin banyak yang minta,” tutup Billy. (anto)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas