Ini Dia Sirkuit Sampit Dikelilingi Kebun Buah

Jum'at, 06/12/2019 18:30 WIB

mobilinanews (Sampit) - Biasanya sirkuit grasstrack dan motocross dikelilingi hutan atau semak belukar. Tak banyak yang dilingkari area perkebunan, apalagi kebun buah. Kini di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah baru dibuka sirkuit Merdeka Lintang Batang Hortifarm yang dirancang menjadi Agrowisata Kebun Buah.
 
Sirkuit ini berlokasi sekitar 2 jam dari kota Sampit. Persisnya di Jalan Cilik Riwut KM 79, Desa Bukit Batu, Kecamatan Cempaga Hulu. Dibangun permanen sejak Agustus 2019 oleh Pengusaha Perkebunan setempat agar menjadi satu kawasan dengan Hortikultura Farm. Fantastis!
 
Semua berawal dari pertemuan M. Hasbi Ashiddiqi dengan Iwan Kusnandar, owner Lintang Batang Hortifarm dan Basuki Rahmat pada Juli 2019. Dari diskusi, tercetuslah ide brilian membangun sirkuit grasstrack di tengah lahan kebun buah. Pemakaian nama Merdeka, karena dimulai Agustus, bertepatan bulan Kemerdekaan RI. 
 
"Melihat animo pecinta olahraga garuk tanah sangat banyak, sementara Kotim belum memiliki sirkuit permanen yang bisa dijadikan pusat latihan, maupun ajang kompetisi," ujar Basuki Rahmat yang menjadi Ketua Panitia Kejurda Grasstrack Seri 3 Kalimantan Tengah pekan ini.
 
H. Dedi Purwanto selaku Ketua Koordinator Wilayah IMI Kotawaringin Timur (Korwil IMI Kortim) merespon positif dan siap menjadi tuan rumah. "Sirkuit yang ada di Kortim selama ini tidak terawat dan kondisinya rusak parah. Sirkuit baru ini bisa dipakai latihan setiap pekan," semangatnya.
 
Yaps! Kejurda Seri III - Kalimantan Tengah Grasstrack Lintang Batang 2019 yang diusung klub Cipta Mentaya Production digelar 7-8 Desember. "Kita mainkan 13 kelas perlombaan," urai M. Hasbi Ashiddiqi, Ketua Cipta Mentaya Production.
 
Selain kelas yang biasa dimainkan, disediakan kelas FFA Mini Trail Maksimal 13 Tahun dan X-Rider Up 40 Tahun. "Total hadiah uang pembinaan Rp.70 juta, trofi plus hadiah Juara Umum satu unit motor sport Viar," beber Basuki Rahmat.
 
Perlombaan bakal dipimpin Hendra Tambang dengan juri Billy Chumay, Wendy Rosfiandani dan M Hasbi. "Event ini juga dijadikan untuk membidik pembalap buat disiapkan sebagai atlet Pekan Olahraga Provinsi yang akan berlangsung di Kotawaringin Timur 2021 mendatang," ulas Dedi Purwanto, Ketua Korwil IMI Kotim.
 
Bagi owner Lintang Batang Hortifarm dengan dibangunnya sirkuit ini bagi pecinta otomotif, misinya agar peduli terhadap tanaman untuk penghijauan. Motonya Hijaukan Bumi Kalimantan. Mantap! (bangve)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik