Vietnam Yakin Gelar F1 Sesuai Jadwal FIA

Senin, 09/12/2019 14:51 WIB

mobilinanews (Vietnam) - Pembangunan sirkuit jalan raya di tengah kota Hanoi, Vietnam, belum rampung. Padahal, FIA menjadwalkan debut GP Vietnam pada awal April 2020.

Praktis tinggal sekitar 120 hari kerja jelang gelegar perdana F1 di bumi Vietnam. Namun, CEO GP Vietnam Le Ngoc Chi mengaku yakin pembangunan keseluruhan akan rampung pada akhir tahun 2019.

"Saya memang nervous membayangkan sisa waktu yang hanya tinggal 120 hari. Tapi, prosesnya sudah mencapai 80%. Sisanya akan dikebut tanpa lelah," ujar perempuan yang mengendalikan GP Vietnam ini.

Ia sebut 20% sisa pekerjaan hanya menyangkut pengadaan tribun penonton, interior pit building, dan pengaspalan lintasan.

Optimisme Chi diperkuat oleh Hermann Tilke, arsitek Jerman yang sudah membangun berbagai sirkuit modern di berbagai negara. Ia pastikan Hanoi siap gelar sirkus F1 perdana pada waktu yang telah ditetapkan.

"Ini bukan kali pertama kami membangun sirkuit," tangkisnya sembari sebut sirkuit permanen di Bahrain yang dirampungkan timnya hanya dalam temlo 14 bulan.

Tilke membantah membangun sirkuit jalan raya lebih mudah daripada sirkuit permanen.

"Sepertinya begitu, tapi nyatanya tidak demikian. Sirkuit jalan raya perlu pengaspalan khusus karena pada dasarnya ini jalanan umum . Sama sekali tidak didesain menjadi sirkuit F1."

Yakin soal jadwal, Tilke malah antusias mempromosikan GP Vietnam yang menurutnya punya keunikan tersendiri dibandingkan gelaran F1 lainnya.

"Hanoi kota yang keren. Ada bagian kota yang eksotik, satu bagian lainnya sangat modern. Kota ini sangat pantas dikunjungi," ucap Tilke yang sudah beberapa kali juga ke Indonesia, dengan urusan ya seputar pembangunan sirkuit juga. 

Dengan masuknya Vietnam maka Asean tetap punya dua jadwal dalam kalender F1 pasca pengunduran diri Malaysia di Sirkuit Sepang. Negara Asean lainnya yang menghelat F1 adalah Singapura.

Kapan F1 ke Indonesia?  Mungkin kapan-kapan karena baru sebatas niat dan wacana sekaligus hitung-hitungan plus dan minusnya. (rnp)

 

 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060