Banyak Pabrikan Otomotif Cabut dari Indonesia, Mercedes Benz di Zona Aman

Selasa, 10/12/2019 23:25 WIB

mobilinanews (Bogor) - Sejak dua tahun terakhir, banyak pabrikan otomotif besar yang koleps karena gagal bersaing di Indonesia. Hasilnya, mereka pun memutuskan cabut dari Indonesia dan tidak melanjutkan bisnisnya.

Paling anyar adalah General Motors lewat brand Chevrolet yang memutuskan menyerah, alias tutup. Menanggapi hal ini, pabrikan otomotif asal Jerman, Mercedes Benz pun menjelaskan positioning mereka di industri otomotif tanah air yang cukup aman melalui PT Mercedes Benz Distribution Indonesia (MBDI) sebagai agen pemegang merk Merci di tanah air.

Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operation & Product Management MBDI mengatakan Indonesia memiliki potensi besar. Bahkan saat ini potensi Indonesia sudah menjadi jaminan keberlangsungan Mercedes di Nusantara. Apalagi sekarang ini, Mercedes sudah memulai memproduksi beberapa model di pabrik lokal yang berlokasi di Wanaherang, Bogor.

"Indonesia punya potensi sangat besar, dari sisi pengembangan produk porsi CKD kita merupakan bentuk upaya Mercedes dalam memperkuat bisnisnya di Indoensia. Jadi kalau dikatakan banyak brand cabut dari Indonesia sepertinya tidak dengan kami yang justru terus memperkuat posisi kami di Indonesia," jelas Kariyanto, Selasa (10/12) di Wanaherang, Bogor.

Ia menambahkan, tahun 2019 Mercedes Benz bahkan memimpin pasar di segmen premium car. "Dan posisi kami saat ini masih memimpin di segmen premium car dengan market share kurang lebih 45 persen di Indonesia. Sehingga itu merupakan bukti betapa Mercedes terus mengakar di Indonesia," lanjutnya.

"Dan hari ini juga kami kembali meluncurkan lagi produk baru yang memperkuat lini produk kami. Tentunya kedepannya akan ada produk-produk lain yang akan kami perkenalkan," tutup Kariyanto. (adr)

TERKINI
Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan