Konsumen Milenial dan Fenomena Mobil Pintar

Jum'at, 20/12/2019 16:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Industri otomotif memang begitu dinamis, tak hanya perkembangan segmen kendaraan yang semakin beragam, namun juga tren kebutuhan konsumen juga terus mengalami pergeseran. Ditambah lagi saat ini kaum milenial semakin mendominasi pasar. Hal ini membuat indikator persaingan industri otomotif semakin kompleks, mengingat generasi milenial punya karakter berbeda dan banyak maunya.

Tak bisa dipungkiri, generasi milenial punya kontribusi besar dalam perubahan, bahkan tak jarang mereka menjadi pelopor lahirnya tren baru sehingga posisi milenial menjadi semakin penting dan tidak bisa dipinggirkan.

Untuk mengakomodir kebutuhan milenial tersebut, banyak pabrikan otomotif yang juga berlomba untuk menghadirkan kendaraan yang merepresentasikan gaya hidup milenial yang unik dan cenderung sulit diprediksi.

Bagaimana tidak, milenial menyukai hal-hal yang progresif dan inovatif. Brand besar bukan menjadi pertimbangan karena yang diinginkan mereka selalu merujuk pada hal baru nan segar.

Dari beragam produk kendaraan baru yang dirilis sepanjang tahun 2019 ada satu kendaraan yang cukup menarik perhatian yakni mobil SUV Wuling Almaz. Kehadiran Almaz dalam persaingan segmen SUV cukup mengagetkan karena sebelumnya Wuling sudah lebih dulu dicap sebagai "MPV Contender" lewat model Confero dan Cortez.

Tapi siapa yang menyangka, tak cukup setahun SUV Almaz justru menjadi model terlaris Wuling dengan kontribusi lebih dari 40 persen. Jauh lebih tinggi dibanding model-model MPV yang sudah lebih dulu dipasarkan di Indonesia.

Lalu apa sih yang membuat Almaz ini begitu spesial? Jika dilihat dari wujud utuh, Wuling Almaz tak jauh berbeda dengan SUV-SUV populer lainnya yang menawarkan desain sporty, kenyamanan, dan ketangguhan sebagai standarisasi SUV itu sendiri.

Hanya saja, khusus untuk Almaz ini, Wuling Indonesia boleh dikatakan berhasil menerapkan strategi cerdas sehingga konsumen sadar kalau Almaz memang berbeda dari kompetitor.

Teknologi Wuling Indonesian Command (WIND)

Usai merilis Almaz pada Februari 2019 silam dengan segala euforianya, Wuling Indonesia kembali bermanuver tepatnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Juli lalu dengan memperkenalkan Wuling Almaz yang mengusung teknologi Wuling Indonesian Command (WIND) lengkap dengan varian 7 seater.

Benar saja, mobil ini langsung "viral" karena teknologi WIND ini membuat Almaz mampu berinteraksi dengan pengemudi ataupun penumpang dengan menggunakan bahasa Indonesia. Dengan kata lain, mobil ini menjadi mobil pertama di dunia yang mampu berbicara dengan bahasa Indonesia.

Teknologi WIND ini memungkinkan pengemudi ataupun penumpang bisa menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan berbagai fitur kendaraan, seperti pendingin udara (AC), jendela, panoramic sunroof, akses fitur hiburan musik atau radio, memutar lagu favorit, melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi Wuling Link ataupun TPMS, memperbesar atau mengecilkan volume, mengecek tekanan ban, hingga menanyakan tanggal dan waktu, cukup dengan mengucapkan kalimat atau kata kunci "Halo Wuling."

Teknologi WIND bekerja dengan menangkap perintah suara lewat microphone yang terletak di cluster atas baris pertama. Namun penumpang di baris kedua juga bisa memberikan perintah asal pengucapan dan suara terbaca oleh sistem WIND. Tak bisa dipungkiri, teknologi ini memberikan pengalaman baru yang menyenangkan.

Dengan paket mewah, serta teknologi super canggih yang disematkan, harga Wuling Almaz juga masih terbilang sangat kompetitif dengan banderol mulai dari Rp 263 jutaan sampai Rp 338 jutaan on the road Jakarta.

So, wajar saja jika SUV Almaz berhasil menyabet titel "Car of the Year" dari beragam versi penghargaan tahunan yang dilakukan banyak lembaga dan institusi, serta menjadi bukti apresiasi dari insan otomotif tanah air atas karya hebat Wuling di usianya yang baru 2 (dua) tahun eksis di industri otomotif Indonesia. (adr)

TERKINI
GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok Chery dan Revolusi Produk di Beijing Auto Show 2024, Ada TIGGO 9 PHEV! Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Kualitas dan Penjualan Ngejreng, GAC Aion Jadi Mobil Listrik Terbaik di Dunia