Daffa AB Fokus di Kejurnas Eshark Rok Tahun 2020

Jum'at, 27/12/2019 16:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Musim 2019 segera berganti dengan 2020. Bagi pegokart Daffa AB, akan menjadi momentum penting karena akan berlomba di kelas Junior.

Sebelumnya, siswa SMP Al-Azhar 2 Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan ini berlaga di kelas Mini, di mana ia berhasil menjadi juara umum Rok Cup Indonesia 2019 dan runner up kejurnas.

Untuk mengetahui seberapa jauh persiapan dan kesiapan Pegokart andalan P-Five Racing Team ini, mobilinanews melakukan wawancara dengan Irjen Pol (P) Anang Boedihardjo, ayahanda sekaligus bos P-Five Racing Team.

Kami mengamati, Daffa sangat rajin berlatih dengan gokart junior, baik di SIKC maupun Sentul Paddock Circuit?

Iya, memang Daffa AB akhir akhir ini sering latihan dengan Gokart Yunior di Sentul, Bogor, karena dia ingin perform dan bisa kompetitif di kelas yang baru akan diikuti untuk tahun 2020.

Untuk Daffa sendiri, saya prioritaskan mengikuti Event Kejurnas Eshark Rok  di kelas Yunior. Sedangkan event-event lainnya yang diselenggarakan di SIKC kemungkinan tidak diikuti.

Tak hanya di SIKC, Sentul Paddock Circuit juga dijadikan ajang berlatih   

Untuk event Asia Rok tahun 2020 yang sudah pasti akan diikuti yang penyelenggaraannya di Indonesia karena digabung dengan Kejurnas Eshark Rok. 

Ada 2 seri yang diselenggarakan di Sentul International Kartini Circuit (SIKC), seperti tahun-tahun sebelumnya, sedang seri  lainnya dilangsungkan di Singapura, Thailand dan Malaysia. 

Untuk event Asia Rok di luar Indonesia akan diikuti Daffa bila kesiapan dananya memungkinkan.

Sepanjang latihan yang sudah dilaksanakan Daffa di Sentul maupun event balap di Singapore Rok seri 5 lalu, bagaimana prediksi Pak Anang terhadap kemampuan Daffa menghadapi pembalap di kelas Yunior, baik di dalam negeri maupun di Asia pada 2020 nanti ?

Saya memberangkatkan Daffa untuk ikut event Singapore Rok seri 5 yang lalu dengan maksud  menjajagi seberapa jauh kemampuan Daffa nanti  menghadapi lawan lainnya di Singapura. Karena jarang bisa latihan di sana. 

Alhamdullilah hasil evaluasi sementara dari tim, Daffa akan mampu bersaing ketat di 5 besar kalau nanti akan ikut balap di KF 1 Singapore.

Anang Boedihardjo dan Endro (manajer P-Five Racing) di Singapore Rok Cup 

Pasalnya, pada balap yang lalu hampir diikuti semua pembalap papan atas di kelas Yunior dan Daffa waktu kualifikasi menempati urutan 5 terbaik, dengan best time 45.088 detik.

Sayangnya waktu balapnya, Daffa 2 kali melakukan pelanggaran antara lain 2 bannya keluar box start waktu rolling start kena penalti 3 detik dan 1 lagi menabrak pembalap di depannya.

Sehingga bemper depan gokart Daffa masuk ke dalam, berakibat kena penalti 5 detik.

Saat liburan sekolah dipakai Daffa jalan-jalan ke mana, Pak Anang?

 Liburan semester 1 SMP Al Azhar 2 Pejaten di mana tempat Daffa bersekolah, dimanfaatkan maksimal oleh Daffa untuk berlatih dengan gokart Yunior di sirkuit Sentul.

Sementara ini Daffa masih mencoba 3 sasis yang berbeda yaitu Intrepid, Tony Kart dan Exprit.

Tiada hari tanpa simulator balap

Namun prioritas untuk Daffa akan saya arahkan menggunakan Intrepid, mengingat Daffa disponsori oleh Intrepid dan hasil latihan yang diperoleh Daffa menggunakan Intrepid juga bagus dan kompetitif. 

Harapan Pak Anang atas kerja keras yang telah dilakukan Daffa dengan semangat berlatih?

Bila dilihat dari hasil latihan di Sentul, semoga Daffa bisa masuk 3 besar dalam setiap event Kejurnas dari seri ke seri di musim balap tahun 2020 nanti. 

Semoga Daffa tetap semangat berlatih dan mekanik dapat settingan yang terbaik untuk sasis yang digunakan oleh Daffa nanti. 

Selamat berjuang Daffa semoga Allah SWT meridhoi keinginan kita. Amiin. (bs)

TERKINI
Honda FL5 dan Hyundai TCR Ternyata Diangkut Pesawat ke Malaysia, Milik Perusahaan H Andy Surya Santosa Yang Perally Wuling Resmi Membuka Pemesanan Cloud EV di Ajang Periklindo Electric Vehicle Show 2024 Mitsubishi Fuso Mensupport Jambore Canter Mania di Jambi, Solidaritas Tiada Batas! PEVS 2024: Dukung Percepatan Transisi Kendaraan Listrik di Indonesia