Circadian Rythm Jadi Penyebab 2 Kali Apotek Senopati Diseruduk Mobil

Sabtu, 28/12/2019 18:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kecelakaan mobil menabrak Apotek Senopati, Jakarta Selatan kembali terulang. Sabtu (28/12/2019) tadi pagi, sedan BMW bernopol B 610 MAG menyeruduk apotek yang "strategis" itu.

Sebelumnya Oktober lalu, Nissan Livina B 2794 STF juga menabrak bangunan yang sama hingga mengakibatkan sekuriti yang berjaga meninggal dunia.

Kedua insiden tersebut ditengarai karena pengemudi hilang kontrol tidak menginjak pedal rem, melainkan gas sehingga lajunya terus bertambah.

Instruktur keselamatan berkendara dari Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC), Jusri Pulubuhu menyebut kecelakaan tersebut bisa jadi ada hubungannya dengan Circadian Rhythm.

“Circadian Rhythm adalah ritme jam biologis tubuh manusia. Orang-orang yang beraktivitas di waktu dini hari sampai menjelang pagi hari, walaupun matanya terbuka tetapi kondisi otaknya terbawa dalam situasi orang yang seharusnya tidur,” kata Jusri seperti dikutup Kumparan, Sabtu (28/12/2019).

Lebih lanjut Jusri mengatakan, bila pengemudi yang mengendarai mobil di jam-jam tersebut dalam keadaan kurang atau belum tidur sama sekali ditambah depresi, mabuk, ataupun sakit, potensi kecelakaan tentu semakin besar. 

Sebab, pada waktu tersebut, kemampuan persepsi, kognitif, dan motorik manusia akan berkurang kualitasnya.

“Jadi begini, ketika si pengemudi enggak lagi mampu berkonsentrasi, secara enggak sadar dia akan terhipnotis. Istilahnya highway hypnosis, ini situasi di mana mengemudi dalam keadaan setengah otak fokus dan lainnya memikirkan masalah atau hal lain,” lanjut Jusri.

Umumnya, lanjut instruktur senior ini, kecelakaan di kota besar seperti Jakarta terjadi di akhir pekan atau hari libur. Karena biasanya momen itu digunakan berkumpul dari malam hingga pagi hari. (kumparan, iwan)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo